Brilio.net - Olimpiade Rio 2016 baru saja selesai digelar. Kebahagiaan tentu masih terasa di hati para atlet yang berhasi meraih medali. Medali yang diraih pasti akan dijaga karena sebagai bukti capaiannya di Olimpiade.

Piotr Malachowski (33) atlet asal Polandia ini malah menjual medali perak yang ia raih pada cabang olahraga lempar cakram Olimpiade Rio 2016 lalu. Ia menjual medali itu untuk membantu seorang bocah berusia 3 tahun yang sedang menderita penyakit kanker.

Piotr Malachowski © 2016 brilio.net



Dikutip dari Pulptastic, Selasa (30/8), pada halaman Facebooknya, Piotr menjelaskan bagaimana ia menerima surat dari ibu seorang anak berumur 3 tahun yang bernama Olek Szymanski. Ia telah melawan kanker mata selama dua tahun. Satu-satunya harapan Olek adalah mendapat perawatan khusus di New York, tapi keluarga tak bisa membayar biaya medis yang mencapai USD 126.000 atau senilai Rp 1,67 miliar.

Piotr Malachowski © 2016 brilio.net



Ia tak memiliki ratusan ribu dollar untuk bisa membantu Olek. Maka ia memutuskan untuk mendonasikan hasil penjualan medalinya itu.

"Saya berjuang untuk emas di Rio. Hari ini saya menyerukan semua orang berjuang untuk sesuatu yang ebih berharga lagi. Jika Anda membantu saya, medali perak saya ini bisa berubah menjadi lebih dari sekadar emas untuk Olek," kata Piotr.

Kabarnya, duo miliader bersaudara Dominika dan Sebastian Kulczyk bersedia membeli medali itu dan siap membiayai kebutuhan penyembuhan Olek.

"Hari ini saya meminta semua orang untuk berjuang bersama demi sesuatu yang lebih berharga, untuk kesehatan anak ini," terangnya.