Brilio.net - Aksi protes yang dilakukan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyita perhatian publik dan menjadi perbincangan hangat. Kritikan tersebut bermula ketika panitia penyelenggara acara Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Satu Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (18/8) menyuguhkan air mineral kemasan plastik.

Saat itu kedua srikandi Kabinet Kerja itu diundang sebagai pembicara dalam acara tersebut. Namun sontak saja, ketika melihat air mineral kemasan tersebut dengan cepat Sri Mulyani mengatakan, "Ini botol plastik aku kurang suka." Ucapan spontannya itu disambut gemuruh anak-anak muda yang memenuhi Istora Senayan, Jakarta.

Belum reda gemuruh tersebut, Menteri Susi tiba-tiba saja mengambil mikrofon dari atas meja dan berteriak dengan suara khasnya. "Kurangi pemakaian bahan plastik sekali pakai. Sampah di laut kedua terbesar di dunia. Bulan lalu saya demo di Istana, sekarang saya demo anak muda," ujar Susi Pudjiastuti.

Aksi kompak keduanya tersebut membuat banyak orang tertawa dan tentunya membuat panitia bergerak cepat mengambil kembali air mineral botol plastik yang sudah terlanjur disuguhkan tersebut dan menggantinya dengan gelas kaca.

Momen itu direkam anak-anak muda yang hadir dalam acara tersebut, yang kemudian diunggah kembali Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di akum Twitter-nya.

Loading...

Tentunya aksi yang dilakukan Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti mendapat dukungan banyak orang. Seperti yang diketahui Sri Mulyani dan Menteri Susi memang punya perhatian yang lebih kepada penggunaan bahan plastik sekali pakai. Sri Mulyani sendiri sudah menggemakan gerakan diet plastik di Kementerian Keuangan.