Brilio.net - Lama tak terdengar kabarnya, mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Susno Duadji kini memilih tinggal di kampung halamannya di Sumatera Barat usai menyelesaikan hukuman atas kasus korupsi pada 2008 lalu. Tak hanya itu, nama Susno Duadji juga sempat menjadi perbincangan lewat pernyatannya yang menganalogikan persaingan antara KPK dan Polri seperti Cicak vs Buaya.

Kasus korupsi yang melibatkan dirinya membuat Susno Duadji divonis 3,5 tahun penjaran dan denda Rp 4,2 miliar. Susno Duadji dinyatakan bersalah saat menjabat Kepala Polda Jabar dengan memerintahkan pemotongan dana pengamanan pemilihan Kepada Jabar, yang merugikan negara sebesar Rp 8,1 miliar.

Tak hanya mendekam di balik jeruji besi, kasus korupsi yang melibatkannya juga membuat Susno Duadji dicopot dari jabatannya sebagai jenderal bintang tiga. Usai menyelesaikan hukumannya pada 2015 lalu, Susno Duadji pun memilih untuk pulang ke kampung halamannya.

Di kampung halamannya, pria berusia 64 tahun ini pun menjalankan kegiatan barunya dengan bertani. Melalui akun Facebook resminya, Susno kerap membagikan kegiatannya bertani dengan mengurus kebun, sawah, pekarangan dan beberapa kolam ikan.

"Sejak purna tugas sy lbh banyak di kampung halaman bertani ngerjakan lahan warisan orangtua, kebuh, sawah dan perkarangan, sedikit kolam ikan. Sawah ini adalah warisan org tua saya yang juga petani, luasnya tidak seberapa. Sekarang saya garap sendiri, beneran loh!!" tulis Susno Duadji pada salah satu unggahannya.

Tak hanya itu, baru-baru ini Susno Duadji juga memamerkan hasil panen pisang miliknya pada Senin (10/6) lalu. Baginya, pertanian harus dikedepankan untuk meningkatkan kesejahteraan pertani desa. Susno juga menuliskan pesan untuk anak-anak muda untuk tidak malu bertani.

 

"Produksi pertanian harus diolah menjadi industri agro guna meningkatkan kesejahteraan petani,, pertaniaan tidak boleh stagnan pada pertanian konvensional harus berubah menjadi agro industri dan agro bisnis,,
Negeri ini sangat subur, jangan disia-siakan, tangan pemuda dinantikan untuk mengolah negeri ini,,
Bangkitlah wahai kaum
Muda,
Jangan malu bertani,,," tambah Susno Duadji.

Penasaran seperti apa kegiatan Susno Duadji yang kini sibuk bertani? Yuk langsung intip sembilan potret terbaru Susno Duadji yang kini jadi petani seperti dilansir brilio.net dari akun Facebook Susno Duadji, Senin (17/6).

1. Ini dia momen Susno Duadji saat mamamerkan hasil panen buah pisang di kebunnya.

susno duadji kini  © 2019 brilio.net


2. Susno Duadji juga menanam berbagai jenis sayuran di kebunnya. Ia begitu menikmati kegiatannya sekarang.

susno duadji kini  © 2019 brilio.net


3. Tak hanya kebun pisang, Susno Duadji juga menanam berbagai sayuran di kebunnya. Salah satunya kacang panjang ini.

susno duadji kini  © 2019 brilio.net


4. Dengan pakaian sederhana, Susno Duadji terjun langsung mengurus kebunnya.

susno duadji kini  © 2019 brilio.net


5. Susno Duadji kerap menghabiskan waktu pagi dan sore harinya dengan meminum kopi di pinggir kopi.

susno duadji kini  © 2019 brilio.net


6. Pepaya juga menjadi tanaman yang menghiasi kebunnnya.

susno duadji kini  © 2019 brilio.net


7. Saat musim panen tiba, Susno Duadji juga terjun langsung bersama beberapa tani lainnya. Ia juga turut mengajak anak dan cucunya.

susno duadji kini  © 2019 brilio.net


8. Jika sedang bersantai, Susno menghabiskan waktunya dengan berada di rumah sambil bermain musik.

susno duadji kini  © 2019 brilio.net


9. Melalui akun Facebook pribadinya, Susno Duadji memang kerap membagikan kegiatannya bertani.

susno duadji kini  © 2019 brilio.net