Brilio.net - Setahun berlalu, masyarakat Indonesia masih berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Jumlah kasus Covid-19 tercatat terus mengalami kenaikan. Meski begitu, banyak juga pasien yang berhasil sembuh dari virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China tersebut.

Salah satu pasien Covid-19 yang perjuangannya begitu membekas di ingatan publik adalah Maria Darmaningsih. Perempuan asal Depok, Jawa Barat tersebut merupakan pasien kedua yang dinyatakan positif Covid-19. Tak sendirian, Maria dinyatakan positif bersama kedua putrinya, yakni Sita Tyasutami pasien 01 dan Ratri Anindyajati pasien 03.

Jadi orang kedua yang positif Covid-19, Maria mengaku jika hal tersebut membuat ia dan keluarganya langsung jadi sorotan publik. Dikutip dari merdeka.com, Maria menceritakan stigma yang diterimanya sangat luar biasa. Menurutnya, penyintas Covid-19 justru harus dibantu.

"Saya masih baca di koran bahwa sekarang yang sakit (Covid-19) masih suka diam-diam karena banyak yang tidak membantu. Itu menyedihkan buat saya, karena seharusnya orang sudah belajar, bahwa kita tuh bisa menangani dengan bersama-sama, kalau bisa saling bantu," kata Maria.

Ibu dua anak ini mengaku prihatin karena rasa kemanusiaan yang seolah justru hilang karena Covid-19. Dia berharap kondisi ini seharusnya bisa meningkatkan sisi kemanusiaan seseorang.

Loading...

"Saya tidak bisa mengerti bahwa kemanusiaan kita malah hilang dengan Covid-19. Harusnya kan malah semakin tinggi tingkat kemanusiaannya. Saya pikir, apa ini pendidikan kita yang kurang atau apa? Belum lagi yang di-bully," tambahnya.

Maria Darmaningsih sendiri kini sudah aktif kembali menjalani rutinitas seperti biasanya. Melalui akun Instagramnya, Maria kerap membagikan kegiatannya saat mengisi acara secara virtual, mengajar tari dan berbagai kegiatan lainnya.

Fokusnya terhadap kesehatan dan perlindungan keluarga terhadap Covid-19 pun semakin tinggi. Dihimpun brilio.net dari akun Instagram @mariadarma pada Selasa (2/3), berikut delapan kabar terbaru Maria Darmaningsih yang merupakan pasien 02 Covid-19 di Indonesia.

1. Banyak menghabiskan waktu di rumah selama pandemi, Maria mengisi waktu luangnya dengan bercocok tanam.

Kabar terbaru pasien 02 © Instagram

2. "Beginilah kalau sudah merasakan bahagianya mengolah tanah, rasanya ketagihan deh.... Saraf-saraf motorik tangan terasa mendapatkan stimuli ketika kita bercokol dengan tanah...." tulisnya dalam keterangan foto ini.

Kabar terbaru pasien 02 © Instagram

3. Maria pun masih sering terlibat dalam berbagai acara yang banyak dilakukan secara virtual.

Kabar terbaru pasien 02 © Instagram

4. Salah satu acara virtual yang kerap ia isi adalah seputar kebudayaan dan tari tradisional.

Kabar terbaru pasien 02 © Instagram

5. Maria kini juga sudah bepergian ke luar kota untuk mengunjungi tempat-tempat kesenian. Protokol kesehatan tetap ia terapkan dalam semua perjalanannya.

Kabar terbaru pasien 02 © Instagram

6. Beberapa waktu lalu, Maria mengunggah beberapa potretnya saat menikmati momen liburan di Bali.

Kabar terbaru pasien 02 © Instagram

7. Maria (kanan) bersama putrinya (tengah) membagikan momennya saat sharing mengenai banyak hal dengan seniman luar negeri yang tinggal di Bali, Kamau Abayomi.

Kabar terbaru pasien 02 © Instagram

8. Maria juga sering membagikan momen kebersamaan bersama kedua putrinya yang juga merupakan penyintas Covid-19.

Kabar terbaru pasien 02 © Instagram