Brilio.net - Mantan Presiden yang juga putri pendiri bangsa Indonesia Soekarno, Megawati Soekarnoputri memiliki tiga orang anak. Sosok yang kerap muncul adalah Puan Maharani, putrinya dari pernikahan dengan Taufik Kiemas.

Namun selain Puan, ada dua putra Megawati yang merupakan hasil pernikahan dengan suami pertamanya Letnan Satu Penerbang Surindro Supjarso, yaitu si sulung Mohammad Rizki Pratama dan adiknya Muhammad Prananda Prabowo.

Prananda, Anak kedua Megawati, juga mengikuti jejak sang ibu terjun di dunia politik meskipun masih kalah tenar dibandingkan adiknya Puan Maharani. Prananda baru aktif di partai beberapa tahun belakangan.

Dia dikenal seorang yang menjunjung tinggi ajaran kakeknya sehingga disebut-sebut sebagai keturunan ideologis atau cucu sejati Bung Karno yang paling tepat menggantikan Megawati Soekarnoputri.

Prananda yang biasa dipanggil Prana atau Nanan tak sempat melihat ayahnya. Ayahnya, Surindro, meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat saat menerbangkan Skyvan T-107 di perairan Biak, Papua, pada Januari 1970. Ketika itu Nanan masih berada dalam kandungan.

Loading...

Berikut adalah beberapa potret Prananda Prabowo, seperti dikumpulkan dari Twitter @pranandaprabowo.

1. Nanan lahir di Jakarta pada 23 April 1970. Kini berusia 47 tahun.

Prananda Prabowo  © 2017 Twitter

2. Dengan bekal bidang teknologi informasi dan komunikasi yang diminatinya, Prananda pernah diamanahi sebagai Kepala Ruang Pengendali dan Analisis Situasi (Situation Room) DPP PDI-Perjuangan. Tugasnya adalah memberikan informasi objektif yang berdasarkan hasil analisis secara langsung kepada sang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Prananda Prabowo  © 2017 Twitter

3. Nanan lebih banyak tampil di belakang layar, menjadi teman Megawati dalam hal bertukar pikiran. Dialah salah satu perancang konsep pidato Megawati selama ini.

Prananda Prabowo  © 2017 Twitter

4. Nanan pertama kali muncul saat diajak Megawati menghadiri konferensi pers menjelang pembukaan Kongres III PDIP 2010 di Bali.

Prananda Prabowo  © 2017 Twitter

5. Kini, Nanan memegang posisi Ketua Bidang Ekonomi Kreatif PDI-P periode 2015-2020.

Prananda Prabowo  © 2017 Twitter

6. Joko Widodo pernah memberikan penilaian pada Nanan, "Prananda punya potensi besar. Cara pengorganisasiannya detail. Orangnya memang tak menonjol, tetapi dekat dengan siapapun.”

Prananda Prabowo  © 2017 Twitter

7. Nanan yang memiliki ketertarikan di bidang musik cadas ini dikenal piawai bermain bass. Dia tergabung dalam sebuah grup band bernama Rodinda (Romantika, Dinamika, Dialektika, merupakan prinsip-prinsip Revolusi yang sering diucapkan Bung Karno) untuk menyampaikan pesan nasionalisme kepada generasi muda.