Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang dikenal memiliki gaya kepemimpinan yang sedikit berbeda dibanding presiden-presiden Indonesia sebelumnya.

Orang nomor satu di Indonesia ini seringkali memperlihatkan spontanitas di berbagai kesempatan. Alhasil tingkah laku dan gerak-geriknya pun kerap menjadi perhatian masyarakat.

Nah, sepanjang tahun 2017, ada banyak momen saat Jokowi sukses mencuri perhatian masyarakat lewat aksinya yang viral di media sosial. Berikut rangkumannya, seperti dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (28/12).

1. Mancing di Raja Ampat pakai sandal jepit.

7 Momen Jokowi sukses curi perhatian di tahun 2017 © 2017 berbagai sumber-foto: Facebook/@jokowi

Loading...

Di sela kunjungan kerjanya di Papua, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk memancing di perairan Raja Ampat. Momen memancing ini pun diunggah di akun Facebook resmi Jokowi.

"Melempar kail di laut Raja Ampat yang indah. Hayo tebak, ikannya terpancing atau tidak?" tulis akun Facebook Jokowi, pada Jumat (22/12).

Bersama putra bungsunya, Kaesang Pangarep, Jokowi terlihat memakai jaket warna merah yang dipadukan dengan celana panjang warna hitam. Namun yang menarik perhatian warganet adalah sandal jepit berwarna biru yang digunakan Jokowi.

2. Ajak Presiden Korea Selatan minum es teh.

7 Momen Jokowi sukses curi perhatian di tahun 2017 © 2017 berbagai sumber-foto: Youtube/@Kementerian Sekretariat Negara RI

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berkunjung ke Istana Kepresidenan di Bogor pada Kamis (9/11). Di sela-sela kunjungan tersebut, Jokowi mengajak Moon Jae-in ke Bogor Trade Mall, yang jaraknya sekitar satu kilometer dari Istana Kepresidenan.

Setibanya di Bogor Trade Mall, Jokowi pun mengajak Presiden Korsel mencicipi teh legendaris, Teh Tong Tji yang dijual di dalam mal tersebut. Aksi spontanitas ini sempat membuat Paspampres Korsel tampak cemas dengan apa yang diminum orang nomor satu Korsel tersebut.

3. Pakai sneakers Nike.

7 Momen Jokowi sukses curi perhatian di tahun 2017 © 2017 berbagai sumber-foto: Twitter/@kemensetnegri

Kunjungan kerja Jokowi ke Tasikmalaya pada Jumat (9/6) juga sempat viral. Kali ini perhatian tertuju pada sneakers Nike yang digunakan Jokowi dalam Penyerahan Kartu Indonesia Pintar.

Presiden Jokowi tampil kasual dengan kemeja putih yang dipadukan dengan celana jeans. Belakangan diketahui bahwa sepatu presiden bermerek Nike tersebut harganya Rp 2 juta.

4. Pakai kemeja putih dimasukkan ke dalam jeans.

7 Momen Jokowi sukses curi perhatian di tahun 2017 © 2017 berbagai sumber-foto: Twitter/@kemensetnegri

Gaya penampilan Jokowi juga dianggap nyentrik saat menyaksikan TNI Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) Tanjung Datuk, Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau pada 19 Mei 2017 lalu.

Dalam acara tersebut, Jokowi tampak mengenakan kemeja putih polos yang dimasukkan ke dalam jeansnya. Sabuk kulit berwarna hitam juga melengkapi penampilan pria lulusan Kehutanan UGM tersebut.

5. Datang ke festival musik pakai kaos oblong.

7 Momen Jokowi sukses curi perhatian di tahun 2017 © 2017 berbagai sumber-foto: Instagram/@monstore

Jumat (11/8), Jokowi menyempatkan hadir di festival musik We The Fest yang digelar di JIEXPO Kemayoran. Kedatangan Jokowi tentu membuat pengunjung yang mayoritas anak muda kaget dan terheran-heran.

Di festival itu Jokowi pun memilih tampil kasual. Ia memakai long sleeve t-shirt dengan tulisan 'We The Fest' di bagian dada, dan motif di lengannya. Jokowi memadukannya bersama celana jeans warna gelap.

6. Turun dari pesawat pakai peci, sarung, dan sandal.

7 Momen Jokowi sukses curi perhatian di tahun 2017 © 2017 berbagai sumber-foto: Twitter/@kemensetnegri

Gaya busana Presiden Jokowi saat berkunjung ke Pekalongan pada awal 2017 juga jadi sorotan. Cara berbusana Jokowi ramai diperbincangkan publik, terutama kalangan pengguna media sosial. Jokowi terlihat mengenakan sarung warna cokelat muda dipadukan dengan jas serta peci hitam kemudian turun dari pesawat kepresidenan.

7. Hadir di pernikahan anak pengurus rusa Istana Bogor.

7 Momen Jokowi sukses curi perhatian di tahun 2017 © 2017 berbagai sumber-foto: Instagram/@ahmadalfiansyah123

Last but not least, Jokowi kembali menjadi pusat perhatian saat menyempatkan hadir dalam acara pernikahan anak Ali Sarifudin, pengurus rusa istana pada Rabu (27/12).

Ditemani Ibu Negara Iriana, Jokowi menelusuri gang sempit untuk menuju lokasi pernikahan, yang terletak di Kampung Kabandungan RT 02 RW 09, Desa Sirnagalih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Jokowi hadir bak tamu pada umumnya. Ia berada dalam lokasi pernikahan selama 30 menit dan sempat berfoto bersama kedua mempelai yang sedang berbahagia.