Brilio.net - Sudah seminggu berlalu sejak aksi terorisme melanda umat muslim di Christchurch, Selandia Baru. Pascateror penembakan hari Jumat (15/3) lalu, suasana berkabung masih terasa di sana. Tepat tujuh hari usai aksi teror, Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern menghadiri salat Jumat berjamaah yang digelar di Hagley Park depan Masjid Al Noor, Christchurch.

Kehadiran PM Jacinda untuk memberikan dukungan moral kepada keluarga korban penembakan dan segenap umat muslim di Selandia Baru. Selain itu, PM Jacinda juga datang untuk mendengarkan lantunan azan serta memimpin hening cipta sejenak untuk para korban. Sedikitnya ada 50 orang tewas akibat teror tersebut dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. Sementara itu, lantunan azan siang ini di Selandia Baru juga turut disiarkan di seluruh dunia.

Perdana Menteri Selandia Baru tersebut tiba di Hagley Park dan mendengarkan lantunan azan. Selanjutnya, ia memimpin hening cipta selama dua menit. Momen salat Jumat berjamaah ini juga dihadiri oleh banyak warga Selandia Baru yang menggelar aksi solidaritas. Bahkan, kaum wanita Selandia Baru yang hadir dalam momen salat Jumat tersebut juga mengenakan kerudung sebagai wujud solidaritas mereka terhadap umat muslim di negara tersebut.

Saat menghadiri salat Jumat tersebut, PM Jacinda sempat memberikan beberapa pernyataannya. Dikutip dari npr.org, PM Jacinda mengungkapkan bahwa Selandia Baru tetap bersama dengan umat muslim.

"Selandia Baru berduka bersamamu, kita adalah satu," ungkap PM Jacinda.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (22/3), berikut 7 momen PM Jacinda menghadiri salat Jumat di Christchurch.

1. PM Jacinda Ardern memberikan sambutan dan pernyataan dukungan untuk umat muslim di Selandia Baru.

pm jacinda salat jumat © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@Kasmawati75

2. Dalam sambutan tersebut, dirinya mengungkapkan bahwa Selandia Baru bersama seluruh umat muslim.

pm jacinda salat jumat © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@islaamitaaleem

3. PM Jacinda juga datang untuk mendengarkan lantunan azan umat muslim yang disiarkan di seluruh dunia.

pm jacinda salat jumat © 2019 berbagai sumber

foto: news.sky.com

4. Dirinya tampak bersama wanita lainnya yang juga mengenakan kerudung sebagai bentuk solidaritas kepada umat muslim.

pm jacinda salat jumat © 2019 berbagai sumber

foto: news.com.au

5. Kepemimpinan PM Jacinda ini juga mendapat apresiasi dari Imam salat Jumat tersebut. Dirinya menyatakan terima kasih atas dukungan dan segenap perhatian kepada umat muslim.

pm jacinda salat jumat © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@sabirazhari

6. PM Jacinda Andern saat tiba untuk menghadiri salat jumat berjamaah yang digelar oleh umat muslim di Hagley Park.

7. Sambutan dan pesan dukungan PM Jacinda Ardern untuk seluruh umat muslim di Selandia Baru.