Brilio.net - Meninggalnya YouTuber asal Klaten, Mbah Minto pada Rabu (22/12) pukul 9 malam mengejutkan banyak pihak. Sebelum menghembuskan napas terakhirnya di usia 85 tahun, Mbah Minto sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Islam Klaten.

Kabar duka ini diketahui pertama kali dari akun @herman_hadi_basuki, yang tak lain merupakan video creator rekan Mbah Minto. "Innalillahi wa inailaihi rojiun, Sugeng Tindak Mbah Minto, Karyamu abadi. Mugi Gusti Allah paring pangapunten sedoyo kalepatan lan nglebur sedaya dosa2nipun, Amin," tulisnya pada Kamis (23/12).

Sosok Mbah Minto viral setelah memparodikan video gagal mudik yang diunggah melalui kanal YouTube. Bersama YouTuber, Muhammad Sofyan atau Ucup Klaten, Mbah Minto memparodikan sosok orang tua yang melarang anaknya mudik agar tidak menyebarluaskan virus. Ia memaksa anaknya untuk berada di perantauan namun dengan catatan tetap mengirimkan uang ke kampung.

Untuk lebih mengenal sosoknya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber mengenai fakta Mbah Minto, pada Kamis (23/12).

1. Berasal dari Klaten.

fakta mbah minto © berbagai sumber

foto: Instagram/@ucup_jbsklaten

Mbah Minto Syam atau akrab disapa Mbah Minto berasal dari Bayat, Klaten. Nggak banyak yang tahu, Mbah Minto tinggal seorang diri di rumah berdinding batako tanpa plester dan cat. Rumah yang ditinggali oleh Mbah Minto merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Klaten. Keempat anaknya, merantau ke luar kota dengan bekerja sebagai pedagang.

2. Viral setelah video di YouTube.

fakta mbah minto © berbagai sumber

foto: Instagram/@ucup_jbsklaten

Ia dikenal luas sejak masa pandemi 2020 lalu berkat video parodi gagal mudik karena virus corona. Bersama YouTuber Ucup Klaten, Mbah Minto diajak untuk memparodikan video. Menampilkan interaksi antara anak dan ibu, video berdurasi 6 menit 27 detik itu sudah ditonton lebih dari 1,5 orang.

Berkat videonya yang viral, kini sosok perempuan sepuh asal Bayat, Klaten itu ramai diperbincangkan banyak orang. Aksi kocak dan lugu Mbah Minto dalam setiap videonya mampu menghibur mereka yang tidak bisa mudik dan mengurangi rasa jenuh saat di rumah saja.

3. Pernah dibayar Rp 20 ribu.

fakta mbah minto © berbagai sumber

foto: Instagram/@ucup_jbsklaten

Saat pertama kali Ucup Klaten mengajak Mbah Minto membuat video, ia hanya mampu membayar wanita yang dipanggilnya simbok itu sebesar Rp 20 ribu. Upah tersebut diberikan Ucup pada Mbah Minto saat subscriber-nya masih di bawah 100 ribu.

4. Pernah jadi model video klip.

fakta mbah minto © berbagai sumber

foto: YouTube/Ucup Klaten

Selain tampil di channel YouTube Ucup Klaten, Mbah Minto juga pernah menjadi model video klip lagu Denny Cak Nan yang berjudul 'Angel'. Tak main-main, kala itu Mbah Minto disandingkan dengan komedian Kirun. Penampilan saat menjadi model video klip pun menuai pujian.

5. Didatangi Syeh Ahmad Al-Misry.

fakta mbah minto © berbagai sumber

foto: Instagram/@ucup_jbsklaten

Mbah Minto pernah didatangi tamu istimewa. Ia adalah Syekh Ahmad Al-Misry yang tak lain merupakan juri Hafiz Indonesia. Nggak hanya bersilaturahmi, Syekh Ahmad juga memberikan hadiah gambar papyrus tanaman yang berasal dari Mesir.

6. Dapat THR dari Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

fakta mbah minto © berbagai sumber

foto: Instagram/@ucup_jbsklaten

Kesederhanaan Mbah Minto dalam video yang diunggah kanal YouTube, membuat banyak pihak kagum dengan sosoknya. Termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sempat menghubungi Mbah Minto melalui live Instagram bersama Ucup, ia mendapatkan THR sebesar Rp 1 juta dari Ganjar Pranowo.

7. Memiliki banyak penggemar.

fakta mbah minto © berbagai sumber

foto: Instagram/@ucup_jbsklaten

Menyampaikan pesan dengan cara kocak dan sederhana, membuat video-video parodi Mbah Minto selalu berhasil menghibur. Ia pun memiliki basis penggemar dari banyak kalangan. Nggak hanya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Mbah Minto juga dikagumi oleh masyarakat Jepang.

Lewat kanal YouTube Ucup Klaten, Mbah Minto sempat bertemu dengan penggemarnya dari Jepang. Mengenakan kimono, Mbah Minto tak bisa menyembunyikan raut bahagianya.

(brl/lin)

(brl/lin)