Brilio.net - Kemenangan Khabib Nurmagomedov atas McGregor pada UFC 229 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Minggu (8/10), menjadikan Khabib sebagai buah bibir dunia. Tidak hanya Khabib, ayahnya juga masuk dalam jajaran berita panas. Terlebih saat McGregor menyebut ayah Khabib usai pertandingan, menjadikan nama Abdulmanap semakin menjadi perhatian publik.

Lalu, sebenarnya siapakah ayah Khabib itu? Apa saja yang sudah Abdulmanap lakukan hingga membuat anaknya itu keluar sebagai pemenang di MMA? Berikut brilio.net sudah merangkum dari berbagai sumber tentang 6 fakta ayah Khabib yang mampu membawa Khabib pada kemenangan, Senin (8/10).

1. Seorang veteran tentara yang dihormati.

ayah khabib nurmagomedov Twitter
foto: bloodyelbow.com

Abdulmanap adalah seorang pelatih yang dihormati di Dagestan. Kecintaan Abdulmanap akan olahraga tempur membuatnya mempelajari banyak hal, termasuk judo dan sambo saat di militer.


2. Membiasakan latihan fisik anaknya tiap pagi.

ayah khabib nurmagomedov Twitter
foto: balls.ie

Abdulmanap membiasakan Khabib dan saudaranya berolahraga setiap pagi. Itu adalah sebuah keharusan. Ia biasa menyuruh Khabib untuk naik turun gunung.


3. Melatih anaknya bertarung dengan beruang.

ayah khabib nurmagomedov Twitter
video: Twitter/@robinblackmma

Ayah Khabib bahkan melatih Khabib untuk bergulat dengan beruang sejak usianya 9 tahun. Tempat Khabib tinggal adalah daerah rawan konflik, sehingga seni bela diri sangat dibutuhkan sejak dini.


4. Menjual empat lembu untuk perbaikan ruangan gym.

ayah khabib nurmagomedov Twitter
foto: balls.ie

Karena kecintaannya terhadap olahraga dan mengingat kondisi Dagestan, tempat tinggalnya, yang rawan konflik, Abdulmanap berusaha keras membuat ruang gym di dalam rumah untuk digunakan sebagai tempat berlatih, sekalipun harus menjual lembunya.


5. Mendatangkan Sambo terkuat untuk Khabib.

ayah khabib nurmagomedov Twitter
foto: ball.ie

Sejak kecil, kekuatan Khabib sudah terlatih untuk melawan Sambo terkuat yang didatangkan oleh ayahnya.


6. Mengajarkan kedisiplinan.

ayah khabib nurmagomedov Twitter
foto: bloodyelbow.com

Meski selalu melatih gulat dan bertarung, namun Abdulmanap tetap mengajarkan kedisiplinan dalam berbagai hal. Termasuk soal prinsip. Ia bahkan mewanti-wanti anaknya itu untuk melakukan pukulan hanya di pertandingan saja.

"I warned him. For me, discipline comes first. You do whatever you want in the Octagon, but outside, this is the border of civilians, where there are children, women, strangers," ucap Abdulmanap dikutip dari Ren TV.