Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkenal dengan kesederhanaannya. Sebelum menjadi orang nomor satu di Indonesia, Jokowi merupakan pengusaha mebel. Bisnis mebel Jokowi ini terbilang cukup sukses.

Tidak hanya Jokowi, dua anak dan menantunya juga menggeluti dunia bisnis. Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, dan menantunya Bobby Nasution sudah berhasil berbisnis hingga membuka cabang di kota-kota besar di Indonesia.

Salah satu bisnis utama yang dikenal dari anak Jokowi adalah Markobar. Martabak Kota Barat atau disingkat Markobar yang dimiliki Gibran tersebut mempunyai cita rasa dan tampilan menarik sehingga sangat disukai pecinta kuliner.

Selain Markobar, masih banyak bisnis-bisnis lain yang digeluti oleh keluarga Jokowi. Apa saja itu? Berikut ulasaannya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/12).

1. Mebel.

Loading...

15 usaha Jokowi instagram

foto: Facebook/@Presiden Joko Widodo

Sebelum terjun ke dunia politik, Jokowi sudah menggeluti usaha mebel selama 27 tahun. Usaha mebel yang dijalankan Jokowi sudah diekspor hingga ke Korea Selatan dan Jepang. Tidak hanya ke Asia, melainkan juga ke Eropa dan Amerika. Namun ketiga anaknya tidak ada yang meneruskan usaha mebel miliknya ini. Ketiga anaknya justru menjalankan berbagai bisnis yang berbeda-beda.

2. Markobar.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@markobar1996

Markobar merupakan bisnis kuliner yang dijalankan oleh anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Markobar ini sejenis martabak manis dengan toping sesuai selera. Bisnis Markobar ini sukses hingga Gibran membuka cabang di banyak kota besar di Indonesia.

3. Pasta Buntel.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@pastabuntel

Bisnis makanan milik Gibran ini memiliki ciri khas penyajian ditaruh di atas daun pisang. Bisnis ini dikelola langsung oleh Gibran bersama ketiga temannya. Cita rasa makanannya pun sangat khas dengan masakan Jawa. Namun bisnis kuliner ini tak sesukses lini usahanya yang lain.

4. Mom Milk.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@mommilk_solo

Gibran Rakabuming Raka juga memiliki bisnis minuman. Usahanya itu berupa susu beraneka ragam rasa. Ada strawberry, blueberry, anggur, dan lainnya. Mom Milk ini juga sudah memiliki beberapa cabang.

5. Katering Chili Pari.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@iutretno

Chilli Pari adalah nama wedding organizer milik Gibran yang berada di Kota Solo. Chili Pari sudah berdiri sejak tahun 2010 silam. Chili Pari menyediakan gedung, makanan, hingga dekor pelaminan.

6. Jas Hujan.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@chillipari

Biasanya orang akan membuat bisnis mengenai pakaian, namun berbeda dengan Gibran. Dia memilih untuk membangun bisnis jas hujan. Jas hujan miliknya diberi nama 'Tugas Negara Bos'. Gibran juga menggaet salah satu wartawan profesional, Najwa Shihab untuk menjadi modelnya.

7. Goola.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@goola.id

Goola merupakan bisnis minuman baru yang digeluti oleh Gibran. Goola adalah sejenis minuman yang mengangkat cita rasa tradisional Indonesia yang diolah menjadi berbagai varian rasa. Menu spesial dari Goola adalah foam kelapa yang bisa menghilangkan rasa dahagamu.

8. Sang Pisang.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@sangpisang2017

Bisnis ini merupakan bisnis milik anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Tidak ingin kalah dari sang kakak, Kaesang sengaja membuka bisnis kuliner yang mengutamakan bahan utama pisang. Pisang diolah menjadi nuget dan diberi toping sesuai selera. Ada cokelat, keju, strawberry, dan masih banyak lagi.

9. Sang Javas.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@sangjavas

Selain bisnis kuliner, Kaesang juga mulai merambah industri clothing. Kaesang memperkenalkan clothing barunya yang diberi nama Sang Javas. Salah satu desain Sang Javas milik Kaesang ini mengangkat gambar bertema kecebong.

10. Truz.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@truzofficial

Truz merupakan bisnis kaus yang juga dibangun oleh Kaesang. Truz menjual kaus khusus untuk penggemar skateboard. Truz menjual t-shirt, jumper, kaus lengan panjang, dan jaket. Biasanya Kaesang menjual Truz melalui online shop.

11. Aplikasi Madhang.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@madhang.id

Bisnis selanjutnya yang ditekuni oleh anak bungsu Jokowi adalah aplikasi Madhang. Aplikasi ini merupakan marketplace atau tempat berkumpulnya penggemar masak. Mereka bisa menjajakan dagangannya melalui aplikasi ini. Jadi ibu-ibu rumah tangga juga bisa bergabung di aplikasi Madhang tanpa harus membuka warung.

12. Permainan Hompimpa Games.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@hompimpagames

Ini adalah usaha kolaborasi milik Gibran dan Kaesang. Hompimpa Games adalah penerbit dan pengembang board game dan card game. Fokus dari game ini adalah mengangkat tema nusantara dan nilai-nilai baik Indonesia.

13. Properti.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@ayanggkahiyang

Sejak tahun 2011, Bobby berkecimpung di bisnis properti. Dia mulai membuat dan merenovasi rumah, kemudian dijual kembali. Bobby juga pernah terlibat dalam Proyek Malioboro City di Yogyakarta.

14. Veteran Cafe.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@veterancoffeebinjai

Veteran Cafe merupakan bisnis yang digeluti oleh menantu Jokowi, Bobby. Bobby sudah menggeluti usaha ini sejak tahun 2013. Di Veteran Cafe ini mengangkat kopi lokal khas Sumatera yang diolah dan diproduksi menjadi kopi yang nikmat.

15. Kopi Jolo.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@kopijolo

Tidak hanya Veteran Cafe, Bobby juga membuka kedai kopi bernama Kopi Jolo. Kedai kopi ini adalah bisnis yang ia jalankan bersama kedua adik iparnya, Gibran dan Kaesang.

16. Icolor.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Instagram/@icolor_service

Gibran merambah ke bisnis lain. Icolor merupakan bisnis reparasi produk keluaran Apple. Bisnis ini bisa disebut sebagai bisnis servis alat elektronik. Para pengguna Apple yang butuh servis bisa langsung didatangi, tanpa perlu cemas file-file mereka akan dicuri. Dan tentunya tanpa repot-repot datang ke toko penyedia servis.

17. SKI Capital Partners.

15 usaha Jokowi instagram

foto: Twitter/@kaesangp

Ini adalah bisnis baru yang dirintis oleh Kaesang. Bisnis ini skemanya memberikan modal sekaligus menjadi partner bisnis bagi siapa saja yang ingin membangun usaha. Usaha Kaesang ini didukung penuh oleh kakaknya, Gibran.