Brilio.net - Dalam dunia politik adanya perubahan sikap dan dukungan sudah menjadi yang hal biasa. Hal tersebut juga membuktikan jika tidak ada yang abadi dalam politik. Menjelang Pemilu 2019 mendatang, dua kubu dari pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno kini tengah gencar dalam mengkumpulkan dukungan.

Tak hanya mencari dukungan dari rakyat, dua pasangan Capres dan Cawapres ini juga gencar mencari dukungan dari para tokoh-tokoh politik untuk memperkuat tim sukses masing-masing. Sikap dinamis para politikus ini ditunjukkan dengan adanya perubahan dukungan dari para tokoh politik.

Ada yang awalnya mendukung, kini memilih berseberangan. Ada juga yang awalnya berseberangan, kini akhirnya merapat dan memberikan dukungan. Seperti yang ditunjukkan oleh para politikus ini nih. Sempat berada pada kubu Prabowo Subianto, kini mereka secara terang-terangan berada di pihak Jokowi untuk Pilpres 2019 mendatang.

Yang paling terbaru tentu saja La Nyalla Mattalitti. Mantan ketua umum PSSI ini dulunya merupakan pendukung Prabowo sejak Pilpres 2009 lalu. Ia juga merupakan mantan politisi dari Partai Gerindra. Namun sekarang, La Nyalla mendeklarasikan diri berada dalam kubu Jokowi untuk Pilpres 2019.

La Nyalla Mattalitti, bukan satu-satunya orang yang dulunya pendukung Prabowo kini berubah haluan mendukung Jokowi. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (13/12), berikut tujuh tokoh yang dulunya berseberangan kini bela Jokowi.

Loading...

1. Ali Mochtar Ngabalin.

 tokoh kini dukung Jokowi  © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Ali Mochtar Ngabalin pernah menjadi anggota tim sukses pemenangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa pada Pilpres 2014 lalu. Saat itu ia memperkuat tim debat dan juru bicara pasangan tersebut.

Jika dulu Ali Mochtar merupakan pendukung Prabowo, maka beda cerita untuk Pilpres 2019. Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden tersebut kini merapat ke kubu Jokowi. Ali Mochtar bahkan tak segan melontarkan kalimat pedas untuk sikap Amien Rais yang kerap mengkritisi pemerintahan Jokowi.

2. Hary Tanoesoedibjo.

 tokoh kini dukung Jokowi  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@hary.tanoesoedibyo

Pada Pilpres 2014, Hary Tanoesoedibyo dan Partai Perindo berada dalam jajaran koalisi Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Hary Tanoesoedibjo saat itu juga menjadi salah satu Dewan Pakar untuk kemenangan Prabowo-Hatta.

Namun kini, pada Pilpres mendatang, Hary Tanoesoedibjo dan Perindo berada dalam koalisi Indonesia Kerja untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

3. Tuan Guru Bajang.

 tokoh kini dukung Jokowi  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@tuangurubajang

Salah satu tokoh yang sempat berseberangan dengan Jokowi, namun kini menjadi pendukung adalah mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB). Perubahan sikap TGB yang kini berbelok ke kubu Jokowi sempat menjadi berita yang menghebohkan. Pasalnya, TGB saat itu masih berstatus sebagai anggota Partai Demokrat yang merupakan koalisi Indonesia Adil Makmur.

4. Yusril Ihza Mahendra.

 tokoh kini dukung Jokowi  © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Tak kalah heboh dari TGB, perubahan sikap Yusril Iza Mahendra yang kini berada di kubu Jokowi juga tak kalah heboh. Sebelum menerima pinangan Erick Thohir untuk menjadi pengacara pasangan jokowi-Ma'ruf Amin, Yusril Iza Mahendra dikenal vokal dan berseberangan dengan Joko Widodo.

5. La Nyalla Mattalitti.

 tokoh kini dukung Jokowi  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@lanyallamm1

La Nyalla Mahmud Mattalitti baru-baru ini menjadi perbincangan setelah pernyataannya yang kini merapat ke kubu Jokowi. Dalam pernyataannya tersebut, mantan ketua umum PSSI itu juga mengakui bahwa dirinya adalah orang yang menyebarkan isu jika Jokowi merupakan keturunan PKI.

Perubahan sikap La Nyalla tersebut didasari karena batalnya ia menjadi calon Gubernur Jawa Timur dan adanya isu mahar politik. Setelah hengkang dari Gerinda, La Nyalla pun kini merapat ke Partai Bulan Bintang (PBB).

6. Kapitra Ampera.

 tokoh kini dukung Jokowi  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@kapitra_ampera

Satu lagi tokoh politik yang dulunya berseberangan dengan Jokowi, namun kini mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. Dia adalah Kapitra Ampera yang dulunya merupakan kuasa hukum Pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab.

Sempat membela mati-matian Rizieq Shihab, kini Kapitra Ampera merapat ke kubu Jokowi dengan merapat ke Partai PDIP. Ia pun menjadi caleg PDIP.

7. Deddy Mizwar.

 tokoh kini dukung Jokowi  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@deddy_mizwar

Aktor sekaligus mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar juga kini menjadi salah satu tokoh yang kini berbelok ke kubu Jokowi. Keputusan Deddy Mizwar untuk mendukung ke Jokowi pun sempat menjadi sorotan. Pasalnya, Deddy Mizwar merupakan salah satu anggota dari Partai Demokrat yang kerap berseberangan partai pengusung Jokowi.