Brilio.net - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Senin (4/7) bertolak ke Makkah untuk menjalankan ibadah haji. Hari ini berangkat ke Tanah Suci memimpin 17 ribu jemaat dari Provinsi Jawa Barat untuk menunaikan musim haji pada 2022 ini.

Sebelumnya, Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya, mendapatkan undangan khusus dari Pemerintah Arab Saudi untuk menunaikan haji. Lewat pengajian yang diadakan pada Juni lalu, Atalia menyebutkan undangan ibadah haji tersebut berasal dari amal jariyah mendiang putranya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Sehingga pada Minggu (3/7), Ridwan Kamil "berpamitan" lewat media sosialnya. Dalam momen tersebut, Ridwan Kamil menuturkan, keberangkatannya untuk beribadah haji merupakan atas nama putranya yang beberapa minggu lalu meninggal, Eril.

Ridwan Kamil berziarah ke makam Eril sebelum berangkat ke Tanah Suci. Dalam potongan video yang diunggah di Instagramnya, Ridwan Kamil bersama Atalia tampak mengunjungi masjid Al-Mumtadz yang tengah dalam proses pembangunan.

"Di momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz. Karenanya, tadi pagi ziarah, pamit dan berdoa di makam Eril," demikian tulisnya.