Brilio.net - Bencana memang tak pernah tahu kapan saja akan datang. Bisa terjadi saat kamu sedang tertidur pulas di malam hari, mau pun mungkin tengah berkumpul dengan bersama keluarga tercinta.

Bencana jenisnya beragam, karena gempa bumi, hujan deras yang menyebabkan banjir, atau terkaman hewan yang pernah disangka saat melakukan perjalanan di alam liar.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu sudah mempersiapkan beberapa barang penting ini sejak dini. Meski sering terlupakan dan dianggap sepele, barang-barang wajib ini membantumu dalam waktu-waktu yang tak terduga.

Tapi kira-kira apa ya, fungsi penting benda-benda tersebut untuk bertahan hidup? Dilansir brilio.net dari listamaze, berikut 10 benda penyelamat yang wajib ada di rumah kamu, Minggu (12/8).

1. Tempat penyimpanan air.

Loading...

alat penting di hidup © 2018 brilio.net

Seperti yang diketahui, air memang sangat penting bagi seseorang untuk keberlangsungan hidup. Manusia bahkan dapat bertahan 3 minggu tanpa makanan, asal dengan air.

Tak heran jika tempat penyimpanan air sangatlah penting dimiliki. Karena bila sedang berada di alam liar, kamu akan membutuhkan stok air yang banyak.

2. Pisau.

alat penting di hidup © 2018 brilio.net

Kalau pisau biasanya diidentikan dengan perlengkapan dapur saja, tampaknya itu hal yang salah. Pisau sendiri sangat berguna sebagai senjata dalam kondisi berbahaya. Selain itu pisau dapat membantu menyalakan api jika seseorang tak memiliki korek api.

3. Pertolongan pertama.

alat penting di hidup © 2018 brilio.net

Kotak pertolongan pertama dibutuhkan bila terjadi cidera atau memar pada tubuh. Setidaknya dalam kotak obat sudah tersedia obat-obat penghilang nyeri, pembersih luka, plester, perban, obat tetes mata, dan bahan pembalut steril.

4. Sepatu trekking.

alat penting di hidup © 2018 brilio.net

Selain pisau, sepatu trekking juga membantu bertahan hidup di alam liar. Fungsinya melindungi kaki dari batu, benda tajam, mau pun duri yang memungkinkan menusuk kaki.

5. Alat penyaring air.

alat penting di hidup © 2018 brilio.net

Meski terdengar aneh, namun alat penyaring air sangat membantu manusia saat bencana dan kesulitan air bersih. Alat ini bisa membersihkan air tanpa harus merebusnya dahulu.

6. Ransel.

alat penting di hidup © 2018 brilio.net

Mengapa ransel penting? Karena bila terjadi hal yang diinginkan, orang bisa menyimpan segala macam bendanya di ransel. Seperti kotak pertolongan pertama, pakaian, selimut, makanan dan lainnya. Sebaiknya membeli ransel yang berkualitas baik. Selain menampung banyak, juga tidak cepat rusak.

7. Firestarter.

alat penting di hidup © 2018 brilio.net

Firestarter berfungsi untuk bertahan hidup, salah satunya sebagai penghangat, dan sumber cahaya dalam kegelapan. Jika tak ada listrik maupun gas untuk masak, firestarter dapat berguna dengan baik.

8. Lampu darurat.

alat penting di hidup © 2018 brilio.net

Manusia modern tentu tidak bisa hidup dalam kegelapan seperti zaman dulu. Oleh karena itu, jika bencana datang dan memadamkan listik, ada baiknya mempersiapkan lampu darurat untuk memberi penerangan. Dan cukup diganti baterai saja bila mati.

9. Makanan berlebih.

alat penting di hidup © 2018 brilio.net

Makanan beku pada umumnya adalah makanan dianjurkan dibawa saat bepergian jauh. Sebab tidak pernah tahu apa yang terjadi di sana. Namun ada baiknya memilih makanan yang bisa bertahan lama, misalnya tak gampang basi dan rusak.

10. Tenda.

alat penting di hidup © 2018 brilio.net

Bukan cuma untuk berkemah, tenda bisa menjadi benda penting saat bencana. Orang-orang biasanya akan beristirahat dan terlindungi dari cuaca buruk di luar sana. Namun kondisi mendesak, misalnya perjalanan terhenti karena hujan, kamu bisa beristirahat sejenak di dalam tenda.