Brilio.net - Memasak secara cepat dan efisien adalah dambaan semua orang. Nah, ternyata ada alat-alat yang dapat membantu efisiensi memasak lho. Alat-alat ini sudah tersedia di pasaran.

Nah, salah satu alat tersebut sudahkan menjadi koleksi di dapurmu? Yuk lihat 15 alat dapur yang membantu proses memasak lebih efisien dilansir dari brightside.me, Selasa (3/10).

1. Rak gulung

alat dapur praktis © brightside.me

Setelah mencuci buah atau alat masak, biasanya sering bingung mau ditaruh di mana. Kalau langsung ditaruh rak pasti akan membasahi benda lain. Kalau dibiarkan di dekat westafel juga takut kotor. Nah ada penemuan rak gulung nih buat dipasang di atas westafel. Alat masak atau bahan makanan bisa dikeringkan dulu di situ.

Loading...

2. Pemotong bawang

alat dapur praktis © brightside.me

Memotong bawang menggunakan pisau biasanya lama dan akan meninggalkan bau di tangan. Nah agar lebih praktis bisa pakai alat potong bawang yang satu ini. Taruh barang di atas pisau persegi, dan tutup alat potong. Bawang yang terpotong otomatis masuk pada wadah yang sudah dipersiapkan. Siap masak deh.

3. Telenan plus wadah

alat dapur praktis © brightside.me

Biasanya setelah memotong bahan makanan, ibu-ibu akan ribet mengangkat telenan dan menuang potongan bahan makanan dalam suatu wadah. Nah ternyata ada lho telenan yang langsung tergabung dengan wadah. Jadi kamu tinggal potong bahan makanan lalu geser masuk ke wadah.

4. Telenan yang bisa ditekuk

alat dapur praktis headline © brightside.me

Masih soal telenan, tetapi yang satu ini malah bisa ditekuk. Setelah memotong bahan makanan kamu bisa langsung mengangkat telenan dan memasukan bahan makanan ke panci tanpa takut akan tumpah ke mana-mana. Praktis kan?

5. Alat pemotong daging

alat dapur praktis © brightside.me

Jika ingin membakar daging, biasanya orang-orang ribet sendiri. Mulai dari memotong daging kecil-kecil hingga memasukkannya satu per satu ke tusuk sate. Ribet kan? Nah alat ini bisa memotong daging sekaligus masuk tusuk sate. Nggak perlu repot Guys.

6. Pisau potong roll

alat dapur praktis © brightside.me

Bagi yang suka membuat kue bisa nih pakai pisau roll ini. Selain itu mata pisaunya banyak. Adonan bisa terpotong sekaligus tuh, tinggal sekali roll aja.

7. Penutup silikon

alat dapur praktis © brightside.me

Menutup makanan dengan plastik terlihat tidak praktis ya. Nah ada penutup silikon nih. Langsung menutupi secara rapat bagian makanan atau wadah yang terbuka. Praktis tuh.

8. Infus rempah

alat dapur praktis © brightside.me

Nah biasanya rempah dibubuhkan dalam sup agar menambah rasa sedap. Namun masalahnya rempah akan menganggu kenyamanan makanan jika terlalu banyak menutupi sup. Daun rempah itu lho kemana-mana dan nyangkut di mulut atau gigi. Agar daun rempah tidak mengganggu struktur sup, maka ada alat dapur namanya infus. Rempah tinggal dimasukan dalam alat infus. Alat infus selanjutnya dapat dimasukan dalam panci masakan dengan aman. Nah bisa dicoba ya.

9. Alat oles minyak

alat dapur praktis © brightside.me

Jika membuat masakan yang basisnya dibakar, maka kamu harus sering-sering mengoleskan minyak agar makanan tidak terbakar dengan cepat dan tidak matang. Alat oles tersebut biasanya berupa kuas. Alat ini secara otomatis membantu kamu mengoleskan minyak tanpa bolak-balik ke wadah minyak. Minyak dan kuas sudah tergabung jadi satu.

10. Pisau panggang

alat dapur praktis © brightside.me

Membuat roti bakar akan lebih cepat memakai pisau ini. Selain berguna untuk mengoleskan mentega, pisau ini juga memancarkan panas yang langsung membakar roti.

11. Pemotong melon

alat dapur praktis © brightside.me

Membuat potongan melon kotak-kotak tak perlu ribet lagi. Pisau yang mempunyai mata pisau di tiga sisi ini langsung membuat melon terpotong kotak. Tanpa dikupas lho.

12. Gunting bermata banyak

alat dapur praktis © brightside.me

Nah gunting ini unik, mata guntingnya banyak. Sekali tekan bisa terpotong banyak. Cocok untuk yang terburu-buru memotong bahan makanan.

13. Cetakan telur

alat dapur praktis © brightside.me

Telur goreng dengan bentuk yang menarik mata memang disukai anak-anak. Tak perlu bingung bagaimana menghasilkan bentuk bagus, ada cetakannya lho.

14. Alat infus air

alat dapur praktis © brightside.me

Air yang mengandung sari buah atau bahan alami memang bagus untuk kesehatan. Nah, dengan alat infus air ini kamu bisa tempatkan bahan alami di dalam teko secara simpel. Bahan alami yang terdiri dari buah atau sayur itu tidak akan memenuhi air, hanya sarinya saja yang bercampur dengan air.

15. Penyimpan rempah

alat dapur praktis © brightside.me

Bahan rempah segar biasanya akan cepat kering kalau tidak segera dimasak. Nah alat ini membantu menjaga kesegaran rempah. Di bagian bawah tabung penyimpanan terdapat air yang berguna merendam ujung rempah.