Brilio.net - Rekaman dalam sebuah penerbangan viral di media sosial. Kali ini publik dikejutkan dengan adanya ular yang ditemukan di dalam kabin atau korak penyimpanan pesawat. Menurut informasi yang dilansir brilio.net dari utusanborneo.com.my, Jumat (11/2) kejadian yang cukup mengkhawatirkan itu terjadi di penerbangan AirAsia dari Kuala Lumpur menuju Tawau, pada Kamis (10/2).

Dari sumber yang sama juga diketahui penerbangan tersebut terpaksa harus dialihkan secara darurat di Bandara Internasional Kuching (LTAK) - bandara ini terletak di Kuching, Sarawak merupakan bandar udara utama negara bagian Malaysia, dan juga merupakan pangkalan udara bagi Angkatan Udara Malaysia.

Kejadian ini pertama kali disadari oleh seorang penumpang dan kemudian langsung memberi tahu awak pesawat.

Chief Security Officer AirAsia, Kapten Liong Tien Ling mengatakan, ketika dia mengetahui hal itu pesawat pun langsung memutuskan untuk mengalihkan pesawat ke LTAK sebagai tindakan pencegahan, serta agar pesawat segera bisa dibersihkan.

"Ini adalah kejadian yang sangat langka dan bisa terjadi di pesawat manapun dari waktu ke waktu.

"Kapten (pilot) mengambil tindakan yang tepat dan setelah itu penerbangan berangkat ke Tawau sesegera mungkin," ujar Kapten Liong Tien Ling.

Liong juga mengungkapkan, tidak ada penumpang yang terluka atas insiden tersebut. Semua dapat teratasi dengan aman dan kondisi pesawat di cek secara utuh usai mendarat di Bandara Internasional Kuching (LTAK).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hot FM (@hotfm976)

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat seekor ular merayap di atas lampu pesawat, yang tentunya dekat tempat penyimpanan barang. Menurut sumber yang sama, pesawat yang seharusnya lepas landas pada pukul 14.10, Kamis (10/2) dan ditunda hingga pukul 17.23. Dikabarkan pula jika tidak ada insiden tersebut, keberangkatan seharusnya tiba di Tawau pada pukul 20.18.