Brilio.net - Beberapa serpihan kapal KRI Nanggala-402 akhirnya sudah ditemukan. Setelah dinyatakan subsunk, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akhirnya menyatakan KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya gugur. Kabar ini disampaikan dalam jumpa pers di Badung, Bali, Minggu (25/4) kemarin.

"53 personel onboard telah gugur, prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali," ujar Panglima TNI, dilansir brilio.net dari liputan6.com pada Senin (26/4).

Sementara itu, dilansir brilio.net dari merdeka.com, kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan terbelah menjadi tiga bagian di kedalaman 838 meter. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono berdasarkan hasil pemindaian dari KRI Rigel dibantu oleh MV Swift Rescue yang mengeluarkan POV.

Tak hanya bagi rekan sejawat, kabar duka ini juga menyisakan kesedihan bagi keluarga para awak kapal. Termasuk juga untuk istri salah satu awak kapal yang mengungkapkan rasa dukanya dengan kepergian sang suami. Melalui akun TikTok @megdhi, istri dari salah satu awak kapal itu menunjukkan beberapa kenangannya dengan sang suami. Termasuk juga dengan pesan terakhir yang disampaikan Almarhum melalui aplikasi WhatsApp.

Pesan terakhir awak KRI Nanggala 402 untuk istri © TikTok

foto: TikTok/@megdhi


"Pesene mas apa?" tulis awak KRI Nanggala-402 kepada sang istri.

"Jaga kehormatan, jaga kakak di, dijaga semua. I miss u mass," balas sang istri.

Pesan penuh kehangatan itu pun kemudian berganti menjadi ungkapan rindu sang istri. Pada Selasa (20/4) lalu, sang suami pun membalas pesan tersebut. Akan tetapi, setelah pesan itu, tidak ada lagi balasan yang muncul. Bahkan beberapa kali pesan sang istri tampak tidak terkirim ke gadget sang suami.

"Sayang," tulis sang istri sembari memberikan emoticon menangis.

"Kenapa sayang??" balasan terakhir sang suami pada Selasa (20/4) dini hari.

Pesan terakhir awak KRI Nanggala 402 untuk istri © TikTok

foto: TikTok/@megdhi

"Kangen. Cepet pulang. Mass," timpal kembali sang istri yang kemudian tidak mendapatkan respons apa pun.

Bertepatan kejadian itu, pemilik akun @megdhi itu terus mengirimkan pesan dengan menanyakan kabar sang suami. Perempuan berhijab itu juga beberapa kali meminta agar sang suami kembali ke rumah tanpa kurang sedikit pun. Lagi-lagi, pesan itu tak memberikan tanda terkirim kepada nomor yang dituju.

Sebelum adanya kabar terbaru mengenai kondisi KRI Nanggala-402 yang resmi dinyatakan tenggelam, unggahan tersebut mendapat banyak dukungan doa dari para warganet yang berharap agar seluruh awak kapal bisa ditemukan dengan selamat. Megdhi pun juga memberikan respons dengan mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan untuknya.

Pesan terakhir awak KRI Nanggala 402 untuk istri © TikTok

foto: TikTok/@megdhi

"Aku yakin mererka pasti selamat sampai rumah," tulis @Ganesh.

"Semoga suaminya segera kembali dengan selamat, aamiin," ungkap @Fatmalhyta.

"Trimakasih untuk semua doanyaa, semoga KRI Nanggala-402 segera ditemukan dan semua anggota dalam keadaan sehat," jawab pemilik akun @megdhi.