Hal-hal yang disunnahkan saat Idul Adha.

Ilustrasi masjid © 2020 brilio.net

foto: ilustrasi foto masjid pathok negoro ploso kuning - agib tanjung

Karena hukumnya sunnah, maka amalan ini sangat dianjurkan dan apabila dikerjakan bisa mendapat pahala. Berikut hal-hal yang disunnahkan saat Idul Adha:

1. Mandi dan memakai wewangian sebelum sholat idul Adha.
2. Memakai pakaian yang indah dan suci.
3. Mengumandangkan takbir di masjid.
4. Berjalan kaki ke masjid.
5. Makan setelah sholat Idul Adha.

Keutamaan sholat Idul Adha.

Tata cara sholat Idul Adha dan keutamaannya © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

1. Meneladani Kesabaran Nabi Ibrahim.

Sholat Idul Adha mengingatkan kamu akan kisah Nabi Ibrahim yang siap untuk mengorbankan putranya, Ismail, sebagai bentuk pengorbanan kepada Allah SWT. Namun, Allah menggantinya dengan seekor domba yang akan dikurbankan sebagai tanda kesetiaan dan ketaatan Nabi Ibrahim. Dalam melaksanakan Sholat Idul Adha, meneladani kesabaran, ketaatan, dan ketundukan Nabi Ibrahim kepada perintah Allah.

2. Menghidupkan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Sholat Idul Adha juga merupakan bagian dari sunnah atau tuntunan Nabi Muhammad SAW. Dengan melaksanakan sholat ini, dapat memperkuat ketaatan kamu kepada Rasulullah dan mengikuti teladan beliau dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

3. Mendapatkan Pahala dan Keberkahan.

Sholat Idul Adha termasuk dalam amalan yang dihargai oleh Allah SWT. Melaksanakan sholat ini dengan ikhlas dan sungguh-sungguh akan mendatangkan pahala yang besar. Selain itu, Allah SWT juga memberikan keberkahan kepada orang yang melaksanakan ibadah ini dengan hati yang tulus dan penuh keikhlasan.

4. Mengingat Makna Pengorbanan dan Kemanusiaan.

Sholat Idul Adha juga mengingatkan kita tentang makna pengorbanan dan kemanusiaan. Kurban yang dilakukan sebagai bagian dari ibadah ini merupakan bentuk pengorbanan harta yang dilakukan dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan berbagi dengan sesama. Hal ini mengajarkan kita tentang sikap belas kasihan, kepedulian, dan keikhlasan dalam berbagi rezeki dengan orang yang membutuhkan.

5. Memperoleh pahala berlipat ganda.

Sholat Idul Adha merupakan bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan. Dalam hadis Rasulullah SAW bersabda Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa. Satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar.” (HR At-Tirmidzi). Pada hadis tersebut, salah satu salat yang dilaksanakan di bulan Dzulhijjah yaitu sholat Idul Adha.