Brilio.net - Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar bagi seluruh umat Islam, tak terkecuali Presiden Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor 1 di Indonesia tersebut secara rutin melaksanakan ibadah kurban. Tak tanggung-tanggung, Jokowi mengurbankan 34 ekor sapi sebagai hewan kurban dan selanjutnya akan disalurkan ke 34 provinsi di Indonesia. Nah, beberapa di antara sapi-sapi kurban tersebut ada yang menarik perhatian. Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (7/7).

1. Slamet.

Potret 5 sapi kurban Jokowi 2022, ada yang dibeli dari anak yatim berbagai sumber

foto: YouTube/om jhon ngaritan

Sebuah sapi dibeli oleh Jokowi di daerah Jawa Tengah. Sapi tersebut dibeli dari seorang peternak bernama Mulyono dari Desa Ngadas, Kabupaten Probolinggo. Diketahui bahwasanya sapi berjenis simental tersebut dipelihara selama 2 tahun dan diberi nama Slamet.

Setelah melakukan uji tes Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK, diketahui sapi tersebut negatif PMK sehingga menjadikan sapi tersebut sehat. Adapun bobot dari sapi tersebut mencapai angka 1,13 ton alias lebih dari 1.100 kilogram. Sebelumnya sapi tersebut menjuarai kontes sapi di Kabupaten Jember. Harga yang dibayarkan guna mendapatkan Slamet, Jokowi merogoh kocek Rp 100 juta.

2. Black.

Potret 5 sapi kurban Jokowi 2022, ada yang dibeli dari anak yatim berbagai sumber

foto: TikTok/@pemkabbantul

Sapi hitam legam dari Yogyakarta ini dipilih oleh Jokowi sebagai salah satu dari beberapa sapi kurban untuk merayakan Idul Adha. Dilansir dari video yang diunggah oleh akun TikTok @pemkabbantul, sapi hitam legam tersebut bernama Black. Sapi tersebut diketahui dimiliki oleh seorang peternak di daerah Canden, Jetis. Sapi tersebut memiliki bobot lebih dari satu ton.

 

Penulis: Zain Husain