Brilio.net - Nama Yuyun kurang mendapatkan perhatian atau dibicarakan oleh banyak orang. Siapa pula Yuyun itu? Memang, dia bukan artis terkenal atau pejabat yang terkena kasus korupsi yang pasti akan menuai banyak komentar. Tapi remaja ini menjadi korban pemerkosaan oleh 14 pria di desa kecil di Bengkulu. Bukankah kasus perkosaan yang dialaminya lebih penting mendapatkan perhatian dari kita?

Terkait kasus yang dialami Yuyun, sejumlah pengguna media sosial akhirnya mengungkapkan kegelisahannya. Demi mengenang dan sebagai bukti solidaritas terhadap Yuyun, masyarakat Indonesia terutama netizen melakukan aksi menyalakan api di kegelapan dengan tagar #NyalaUntukYuyun.

Perlu diketahui, Yuyun ditemukan tewas setelah menjadi korban pemerkosaan 14 orang pria. Sejak kabar hilangnya pelajar SMPN 5 Satu Atap, Desa Kasie Kasubun itu, jenazahnya akhirnya berhasil ditemukan pada Senin (4/4).

Yuyun ditemukan dalam dasar jurang sedalam lima meter, di pinggiran Desa Kasie Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rajang Belong, Bengkulu. Kepolisian Resor Rejang Lebong sudah meringkus 12 orang pelaku dan dua orang pelaku lainnya masih buron. Mirisnya lagi, sebagian besar pelaku yang tertangkap masih berusia belasan tahun.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Peristiwa miris ini membuat pentolan grup musik Tika and The Dissidents, Kartika Jahja prihatin. Lewat sebuah video pendek, ia berkicau untuk mengajak pengguna media sosial untuk menyebarkan video dan pernyataan serupa sebagai bentuk solidaritas kepada Yuyun. Penyanyi yang akrab disapa Tika ini mengaku terlambat mengetahui kasus yang menimpa Yuyun. Kartika sendiri baru mengetahuinya dari grup percakapan Kolektif Betina.

Meskipun demikian tak menyurutkan niat Kartika untuk melakukan aksi solidaritas sebagai bentuk dukungan terhadap perempuan Indonesia. Ia lalu jadi yang pertama kali menggunakan tagar #NyalaUntukYuyun hingga akhirnya jadi trending topic di Twitter.

Berikut sejumlah video #NyalaUntukYuyun dan kicauan solidaritas yang ramai dibagikan di media sosial, seperti dirangkum brilio.net, Selasa (3/5):

1. @kartikajahja.

2. @lightning_venus.

3. @agussari

4. @sophia_hage

5. @LenteraID

(brl/swh)