Brilio.net - Biaya dan pernikahan menjadi beban sebagian besar anak muda saat ini. Itu karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang kerap melangsungkan pernikahan dengan cara-cara mewah.

Belum lagi gempuran media, yang membuat pemikiran pasangan yang hendak menikah harus berpikir keras menyiapkan biaya yang sampai ratusan juta. Kisah-kisah pernikahan mahal dan mewah banyak ditemui di masyarakat Indonesia.

Tetapi, jika niatnya sekadar menikah, menyempurnakan ibadah, sebenarnya biaya-nya sangat terjangkau. Bahkan salah satu postingan warganet yang diunggah akun @MemeComicIndo, dikutip brilio.net, Minggu (14/1), mencantumkan biaya yang tidak sampai Rp 1 juta.

Dalam postingan tersebut, terinci biayanya apa saja.

1. Ke KUA (gratis)

Loading...

2. Syukuran sederhana sekitar Rp 300.000 (motong ayam sendiri)

3. Mas kawin Rp 200.000.

4. Yang penting sah, SAH!!!

5. Bulan madu ke pantai 100.000 (naik motor sendiri + bawa bekel)

6. Total Rp 600.000.

Menikah murah © MemeComicIndo

Total Rp 600.000 tentu mengejutkan di tengah banyaknya informasi biaya menikah yang selangit. Lantaran postingannya melawan arus komentar pro-kontra bertebaran.

"Mahal di gengsi, dan susah cari calon istri yg mau kayak gini, tapi bersyukur lah kalo dapet karena ia adalah seorang istri yg luar biasa sejati," ujar akun @azzurama.

"Sing penting SAH!," tulis @SantoGooner. "Modal nikah 600rb cukup emg, yang mahal itu omongan tetangga min jadinya sgtu doang gk cukup," kata @haniaz03

Di sisi lain, bagi yang meragukan ide tersebut menuliskan sejumlah komentar yang pesimistis.

"Cewek udh disekolahin ortunya tinggi2, trus lu datang mau nikahin dia dgn 600rb doang?, Mikir mna ada yg mau," sebut @RizkiWahyudiii. Senada, akun @abang_neron, menuliskan, "Busyeeett dah.. mau kawin aja pethitungan bangettt".

"Tetangga pasti bilang...Hamil diluar nikah??," ujar @Helmi999.

Tentu saja tips di atas bisa kamu lakukan, bisa juga nggak. Setidaknya sudah ada yang memberi gambaran bahwa menikah sejatinya memang tidak mahal. Keputusan tentu ada di tanganmu ya Guys...