Brilio.net - Chocolate Glenmore Run di lokasi wisata Doesoen Kakao, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi telah terselenggara pada Sabtu (16/2) kemarin. Sebanyak 2.000 peserta dilepas Menteri BUMN Rini Soemarno. Sang menteri pun turut berlari sejauh 5 kilometer bersama peserta. Mereka menyusuri belantara perkebunan kakao yang merupakan bahan baku cokelat.

kakao Glenmore merdeka.com

foto: merdeka.com

Bukan hanya Rini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta bos-bos BUMN pun turut berpartisipasi dalam lomba lari ini. Mereka antara lain Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Dirut Bank Mandiri Kartiko Wirjoatmojo, Dirut BRI Suprajarto, Dirut BTN Maryono, Dirut Perhutani Denaldy Maunda, dan para direksi BUMN perkebunan. Hadir pula Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro dan sejumlah deputi menteri.

Trek lari melewati perkebunan di Perkebunan Kendeng Lembu. Di sepanjang rute membentang perkebunan kakao dan karet. Tampak para partisipan menikmati suasana sejuk sembari berlari menyusuri trek lomba.

"Asyik juga berlari di tengah perkebunan. Udaranya sejuk. Ini ajang sport tourism yang sangat potensial dikembangkan," ujar Rini sebagaimana dikutip Brilio.net dari Merdeka, Senin (18/2).

Sepanjang acara lomba, Rini dan para bos BUMN papan atas Indonesia tampak menikmati aktivitas lari. Mereka tertawa lepas, tak peduli sepatu basah kuyup saat melintasi sungai kecil di tengah perkebunan. Beberapa kali Rini melepas topi dan mengelap peluh yang menetes di dahi.

Kementerian BUMN sangat mendukung program ini. "Kami ingin mendukung Banyuwangi semakin cantik dan terkenal sebagai destinasi wisata nasional maupun internasional," ujar Rini.

Bukan tanpa alasan Rini dan semua partisipan lomba tampak semringah. Perkebunan Kendeng Lembu, Glenmore, Banyuwangi ini menawarkan pemandangan yang begitu indah.

Menakjubkannya lagi, perkebunan cokelat Glenmore ini merupakan penghasil bahan coklat terbaik di dunia. Kakao Glenmore telah banyak diekspor ke Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang.

kakao Glenmore merdeka.com

foto: merdeka.com

Bupati Azwar Anas menyatakan, kolaborasi dengan BUMN memungkinkan ada akselerasi dalam pembangunan daerah.

"Pemerintahan Pak Jokowi memang mendesain BUMN sebagai agen pemerataan dan pemercepat pembangunan. Banyuwangi bersyukur bisa terus memperkuat kolaborasi dengan banyak BUMN, termasuk untuk memajukan pariwisata," ujar Anas.

Doesoen Kakao sebagai kawasan wisata, menjual eksotika perkebunan kakao lengkap dengan pengolahan cokelat yang berlokasi di Perkebunan Kendeng Lembu, Glenmore, Banyuwangi. Dengan hawa yang sejuk karena terletak di dataran tinggi, kualitas cokelat terbaik, dan aspek historis, Glenmore menjadi favorit wisatawan terutama dari Eropa. Bahkan saat sebelum kemerdekaan pun, Glenmore telah menjadi favorit Belanda. Kini aspek historis itu mampu menarik wisatawan untuk datang.

"Lewat event ini, kami ingin mengenalkan salah satu kakao terbaik dunia. Wisatawan juga bisa menikmati cokelat terbaik yang telah dihasilkan di negeri ini," kata Anas.