Brilio.net - Presiden Brazil Jair Bolsonaro dilaporkan positif terjangkit virus Corona (Covid-19). Pernyataan ini muncul setelah Bolsonaro melakukan uji medis, Jumat (13/2) pagi waktu setempat. Seperti dilaporkan Metro.co.uk, Jumat (13/3), presiden berusia 64 tahun itu beberapa hari lalu mengikuti jamuan makan malam bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump Mar-a-Lago di Pantai Barat Palm, Florida, Sabtu lalu.

Saat itu, kedua kepala negara berjabat tangan, termasuk dengan Wakil Presiden AS, Mike Pence. Surat kabar Jornal O Dia melaporkan, Bolsonaro menunggu hasil uji medis dirinya, untuk mengonfirmasi kontaminasi. Surat kabar itu juga menyebutkan Bolsonaro muncul menggunakan masker dan tidak meninggalkan kediaman resminya, Palacio da Alvorada yang terletak di semenanjung di tepi Danau Paranoá di ibukota nasional, Brasília.

Saat bertemu Trump, Bolsonaro sempat membicarakan masalah penyebaran Covid-19. Bahkan Bolsonaro tidak terlalu mengkhawatirkan penyebaran virus yang telah menewaskan lebih dari 5.000 orang di seluruh dunia ini. Malah Bolsonaro cenderung menyepelekan penyebaran virus ini dan mengatakan virus Corona sebagai sebuah fantasi.   

Presiden Brasil Corona © 2020 brilio.net

“Selama setahun terakhir, tentu saja, kita mengalami saat-saat krisis. Banyak dari itu adalah fantasi. Coronavirus bukan apa-apa. Semua media arus utama membuatnya menjadi seperti itu,” ujar Bolsonaro.

Loading...

Tapi faktanya, kini ia sendiri yang didiagnosis terjangkit virus yang berawal dari Wuhan, China itu. Malah disebut-sebut, Bolsonaro adalah pemimpin negara pertama yang didiagnosis positif Covid-19. Sejauh ini, sudah 34 orang dinyatakan positif mengidap coronavirus di Brasil.

Padahal, para ilmuwan telah memperingatkan bahwa coronavirus dapat ditularkan dengan berdiri dalam jarak tiga meter dari seseorang yang memiliki Covid-19. Virus ini bisa ditularkan melalui cairan yang dipancarkan ketika penderita batuk atau bersin.

Namun dalam akun resmi Facebook miliknya, Bolsonaro menyangkal dirinya positif terjangkit Covid-19. Ia mengatakan hasil uji medis yang dilakukan menyatakan negatif.

Presiden Brasil Corona © 2020 brilio.net

Menyikapi kondisi yang dialami koleganya, Trump menegaskan kesehatannya baik dan dia merasa tidak perlu menjalani tes coronavirus. “Saya memang mendengar tentang itu. Kami makan malam bersama. Kami melakukan sesuatu yang tidak biasa. Kami duduk bersebelahan untuk jangka waktu tertentu,” ujar Trump.

Kasus yang menimpa Bolsonaro menambah panjang daftar pejabat publik yang telah dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya isteri Perdana Menteri Kanada, Sophie Gregoire Trudeau juga dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Setelah itu Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton juga dinyatakan positif terjangkit virus ini.