Brilio.net - Rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dimulai pada Senin (11/11). Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (Humas BKN) mengatakan total formasi kali ini berjumlah 197.111 posisi. Dengan rincian kementerian/lembaga (K/L) sebanyak 37.854 formasi dan daerah sebanyak 159.257 formasi.

BKN melalui akun Twitter dan Instagram resminya telah memberikan sinyal jika pendaftaran CPNS akan dibuka pukul 11.11 pm atau pukul 23.11 WIB. Dalam akun @BKNgoid, BKN menyatakan ada info valid yang akan terjadi pada malam nanti, bukan diskon belanja online tapi hal penting lainnya yang paling ditunggu masyarakat.

Dibuka hari ini, pendaftaran CPNS dimulai malam hari 11.11 instagram

foto: Instagram/@bkngoidofficial

"#SobatBKN, mimin dapet bisikan bahwa akan ada sesuatu pada 11.11.19 11:11 PM. Info ini valid, tapi kira-kira apa ya? Bukan diskon belanja online pastinya," dilansir brilio.net dari akun Instagram @bkngoidofficial pada Senin (11/11).

Loading...

Seperti diketahui BKN pada awalnya akan membuka 159.257 formasi. Namun, rencanya formasi yang dibuka sebanyak 152.250 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, yang terbagi untuk 67 kementerian/lembaga dan 461 pemerintah daerah.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 152.250 formasi CPNS itu dibagi masing-masing 37.425 formasi untuk kementerian/lembaga. Sedangkan sisanya atau 114.861 formasi untuk pemerintah daerah.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, bagi yang ingin mengikuti penerimaan CPNS 2019, harus menyiapkan dokumen, diantaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

"Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN," jelas Bima dilansir brilio.net dari Liputan6.com (11/11).

Dia menuturkan, dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 diharapkan mempublikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing. Dia menjelaskan, pada penerimaan CPNS tahun ini pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi karena jumlahnya sudah hampir separuh dari total di Indonesia.

Saat ini Pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan. "Selanjutnya perlu kami sampaikan bahwa saat pendaftaran daring telah dibuka, masyarakat diharapkan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang akan tertuang pada portal SSCASN," ujarnya.