×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta pertanyaan tes CPNS 2019, bakal ada materi radikalisme

View Image

0

BRILIO » Serius

5 Fakta pertanyaan tes CPNS 2019, bakal ada materi radikalisme

foto: Liputan6.com, Merdeka.com

Proses pendaftaran berlangsung 14 hari, 11-24 November.

03 / 11 / 2019 23:52

Brilio.net - Pendaftaran CPNS 2019 akan dimulai pada 11 November mendatang. Total akan ada 197.111 formasi yang bisa ditempati pencari kerja. Beda dari tahun lalu, seleksi CPNS tahun ini akan penuh dengan inovasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Salah satunya adalah pertanyaan yang akan menjadi tes CPNS 2019 nanti.

"Untuk proses pendaftaran nanti akan berlangsung 14 hari. 11 November pendaftaran, 24 November ditutup dan pengumuman hasil seleksi administrasi bagi pendaftar yang memenuhi persyaratan," jelas Kepala BKN, Bima Haria Wibisana seperti dilansir brilio.net dari Merdeka.com, Minggu (3/11).

Untuk bisa menjadi CPNS, peserta harus lolos tes SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar. Tes ini sering jadi momok bagi peserta. Dalam tes ini, ada batas nilai yang harus dilampaui peserta. Kurangnya persiapan bisa membuat seseorang gagal dalam seleksi CPNS 2019 ini.

Seperti apa fakta pertanyaan tes CPNS 2019 kali ini? Dirangkum dari berbagai sumber, Yuk kita simak bersama-sama.

1. Pertanyaan akan didominasi Tes Wawasan Kebangsaan.

Loading...

pertanyaan CPNS 2019  © 2019 brilio.net

foto: Liputan6.com

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan bahwa soal tes CPNS 2019 akan didominasi Tes Wawasan Kebangsaan.

"Yang jelas memang salah satu saringannya dalam CPNS ini adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Jadi oleh karena itu Tes Wawasan Kebangsaan ini mempunyai passing grade tersendiri," ungkap Deputi SDM dan Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja.

2. Akan ada soal tentang radikalisme.

pertanyaan CPNS 2019  © 2019 brilio.net

foto: Liputan6.com

Isu radikalisme menjadi perhatian pemerintah kali ini. Salah satu inovasi yang diterapkan adalah pencegahan isu radikalisme.

"Soal-soal ini ada inovasi baru, misalnya radikalisme. Pada saat tes kebangsaan, kami sudah memasukan keinginan untuk soal-soal seperti itu. Jadi akan ada soal seperti itu, tapi tidak signifikan," ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

3. TKP menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami.

pertanyaan CPNS 2019  © 2019 brilio.net

foto: Merdeka.com

Tes Karakteristik Pribadi sering dikeluhkan sulit untuk dipahami. Sekarang akan ada perubahan mengenai soal tipe seperti ini.

"Tes Karakteristik Pribadi CPNS masih akan sama (soal-soalnya), tapi dengan bahasa yang berbeda. Kemarin itu bahasanya lebih sulit, sehingga menangkap soal dan jawabannya jadi sedikit," tukas Bima.

4. Tes Wawasan Kebangsaan akan mempunyai passing grade tersendiri.

pertanyaan CPNS 2019  © 2019 brilio.net

foto: Merdeka.com

Tes Wawasan Kebangsaan kini memegang peranan penting dalam seleksi CPNS 2019. Karena itu, tes tipe ini akan mempunyai passing grade tersendiri.

"Yang jelas memang salah satu saringannya dalam CPNS ini adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Jadi oleh karena itu Tes Wawasan Kebangsaan ini mempunyai passing grade tersendiri," ungkap Setiawan Wangsaatmaja.

5. Pertanyaan akan disesuaikan dengan kebutuhan Aparatur Sipil Negara saat ini.

pertanyaan CPNS 2019  © 2019 brilio.net

foto: Liputan6.com

Pertanyaan seleksi CPNS 2019 tentu berbeda dari tahun lalu. Kali ini, soal akan dirumuskan sesuai kebutuhan pemerintah.

"Pasti berubah. Jadi kan setiap tahun kita ada perubahan soal. Jadi tidak pasti sama dengan tahun lalu. Tetapi kita setiap tahun merumuskan dari visi misi dan profil ASN yang kita harapkan nantinya seperti apa. Dan itu diimplementasikan dalam kisi-kisi dan soal," tutur Setiawan Wangsaatmaja.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more