Brilio.net - Kurang dari dua pekan pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dibuka. Sebelumnya diumumkan kalau pendaftarannya bakal dibuka mulai 11 November 2019 mendatang. Total akan ada 197.111 formasi pada CPNS 2019.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja, melaporkan angka total formasi tersebut terbagi ke dalam 37.854 formasi untuk 68 kementerian/lembaga, dan 159.257 untuk 461 pemerintah daerah.

Iwan menyebutkan, Kementerian PAN-RB belum final menetapkan jumlah formasi. "Untuk formasi CPNS 2019, total 197.111 formasi yang di pusat (kementerian/lembaga) ada 37.854 (formasi), yang sudah ditetapkan ada 37.425," paparnya.

"Kemudian di daerah, sudah kami tetapkan kurang lebih 114.814 di 462 Pemda. Tapi dikurangin satu karena Kabupaten Bangli mengundurkan diri dari CPNS 2019," dia menandaskan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Jelang pembukaan pendaftaran CPNS 2019, berikut ini deretan fakta tes seleksinya seperti brilio.net lansir dari merdeka.com pada Kamis (31/10).

1. Tes membahas pencegahan radikalisme.

fakta tes cpns 2019 © merdeka.com & liputan6.com

foto: merdeka.com

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan, akan membuat inovasi terkait pemberian soal dalam tes seleksi CPNS. Yakni dengan menyisipkan soal-soal terkait isu pencegahan radikalisme.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyampaikan, soal-soal tersebut akan diselipkan dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). TWK sendiri merupakan salah satu tes dalam rangkaian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) selain Tes Karakter Pribadi (TKP) dan Tes Intelegensia Umum (TIU).

"Soal-soal ini ada inovasi baru, misalnya radikalisme. Pada saat tes kebangsaan, kami sudah memasukkan keinginan untuk soal-soal seperti itu. Jadi akan ada soal seperti itu, tapi tidak signifikan," ujar dia.

2. Tes karakteristik pribadi diberikan dalam tata bahasa yang lebih baik.

fakta tes cpns 2019 © merdeka.com & liputan6.com

foto: merdeka.com

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, menyampaikan untuk pemberian soal dalam Tes Karakteristik Pribadi tidak terlalu banyak berbeda dengan tes sebelumnya. Perbedaan hanya disajikan dalam tata bahasa yang digunakan pada soal-soal yang diujikan.

"Tes Karakteristik Pribadi CPNS masih akan sama (soal-soalnya), tapi dengan bahasa yang berbeda. Kemarin itu bahasanya lebih sulit, sehingga menangkap soal dan jawabannya jadi sedikit," tukas Bima.

3. Soal tes bakal didominasi tes wawasan kebangsaan.

fakta tes cpns 2019 © merdeka.com & liputan6.com

foto: merdeka.com

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyampaikan kisi-kisi, bahwa soal tes dalam seleksi CPNS 2019 akan didominasi oleh Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sebagai informasi, TWK akan diberikan pada saat peserta CPNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Adapun dua rangkaian tes lainnya saat SKD yakni Tes Karakter Pribadi (TKP) dan Tes Intelegensia Umum (TIU).

"Yang jelas memang salah satu saringannya dalam CPNS ini adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Jadi oleh karena itu Tes Wawasan Kebangsaan ini mempunyai passing grade tersendiri," ungkap Deputi SDM dan Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja.

Pria yang akrab disapa Iwan ini memperkirakan, bobot atau porsi soal TWK dalam rangkaian Seleksi Kompetensi Dasar ini mencapai sekitar 60 persen. "(Bobotnya berapa?) Nanti diputuskan di Panselnas (Panitia Seleksi Nasional). Tetapi setidaknya kurang lebihnya mungkin 60 persen dari total soal," jelas dia.

4. Pendaftaran dibuka hingga 24 November 2019.

fakta tes cpns 2019 © merdeka.com & liputan6.com

foto: merdeka.com

BKN melaporkan masa pendaftaran seleksi CPNS 2019 akan berlangsung 14 hari sampai 24 November. Proses pendaftaran CPNS akan dibuka seperti yang telah disampaikan Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo, yakni pada 11 November.

"Untuk proses pendaftaran nanti akan berlangsung 14 hari. 11 November pendaftaran, 24 November ditutup dan pengumuman hasil seleksi administrasi bagi pendaftar yang memenuhi persyaratan," jelas Kepala BKN, Bima Haria Wibisana.

Tahap selanjutnya, dia menyampaikan, yakni pada 16 Desember terkait pengumuman siapa saja peserta yang berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Februari 2020. Namun, Bima tak menutup kemungkinan jika ada instansi yang siap untuk menggelar tes SKD terlebih dahulu dari rencana awal yang telah ditentukan.

5. Tak lolos seleksi administrasi, peserta bisa protes.

fakta tes cpns 2019 © merdeka.com & liputan6.com

foto: merdeka.com

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, menyampaikan perekrutan CPNS kali ini akan memberikan kesempatan bagi peserta seleksi yang tak lolos seleksi administrasi untuk mengajukan keberatan pada masa sanggah. Dia menyampaikan, masa sanggah akan digelar selama 3 hari dan dibuka pasca proses pendaftaran selesai, yakni pada 16 Desember 2019.

"16 Desember nanti diumumkan, siapa yang berhak ikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Yang tidak lulus punya waktu menyanggah, masa sanggah 3 hari dari 16-19 Desember," ujar dia.

Bila sanggahan yang dikirimkan peserta diterima oleh tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019, maka itu akan diumumkan pada 26 Desember. "Pada 26 Desember, apabila sanggahan diterima maka akan diumumkan. Di 26 Desember itu akan diumumkan sanggahan-sanggahan mana saja yang diterima pansel. Proses cepat ini sudah sama kayak pengadaan barang dan jasa," tuturnya.

(brl/red)