Brilio.net - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu ditunggu-tunggu masyarakat. Banyak orang yang berbondong-bondong untuk daftar seleksi CPNS. Jumlah setiap tahunnya tidak berkurang. Bahkan, orang yang sudah berkali-kali gagal masih tetap berjuang demi menggapai impiannya.

Ada kabar gembira untuk kamu yang memiliki latar pendidikan di bidang seperti guru atau bidan. Oleh karena keduanya masuk ke empat besar lowongan dengan jumlah tertinggi pada CPNS tahun ini. Ada beberapa formasi juga yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS 2019 mendatang. Bagaimana rinciannya?

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Rabu (16/10), dalam tayangan resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kepala Biro Humas BKN, M. Ridwan menyebutkan sekitar 140 ribu dari 197 ribu formasi akan disediakan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

"Empat besar formasi itu terutama guru berjumlah 63 ribuan, kemudian tenaga kesehatan, bidan, dokter, dokter gigi, perawat itu 31 ribuan, kemudian tenaga teknis fungsional 23 ribuan, dan teknis lainnya 28 ribuan," jelas Ridwan.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Syafruddin berkata formasi teknis memang akan ditingkatkan pada penerimaan CPNS tahun ini. Untuk pengumuman seleksi CPNS tahun ini, Syafruddin menyebut pelaksanaan dibuka pada 25 Oktober mendatang.

Loading...

seleksi cpns 4 formasi terbanyak © liputan6.com

foto: liputan6.com/Helmi Fithriansyah

"Mulai 25 Oktober. Sudah siap," kata Syafruddin di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (15/10).

Ridwan menjelaskan bahwa tidak semua instansi negara akan membuka formasi. Terdapat 541 instansi pusat maupun daerah yang mendapat jatah formasi tahun ini. Ridwan berharap pengumuman CPNS dapat terlaksana setelah pelantikan Presiden pada hari Minggu (20/10). Pelantikan Presiden pun ditunggu untuk mengantisipasi apabila ada kementerian yang bergabung.

"Panselnas itu harus menyesuaikan formasi yang sudah siap ini dengan struktur kabinet dengan kabinet yang baru. Jangan sampai kabinet A dan B digabung dan sebaliknya," jelas Ridwan.

Namun, dia tidak mau merinci terkait apa saja kementerian yang akan buka pendaftaran. Menurutnya, nomenklatur kementerian tersebut merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Untuk formasi penerimaan CPNS pada tahun ini, kata dia, ada sebanyak 100.000 formasi. Dari 100.000 formasi yang ada tersebut kebanyakan dari tenaga pendidikan dan kesehatan.

"Ya terutama guru, kesehatan," ujarnya.