Brilio.net - PT Makmur Usaha Fobe Inko (O2 ACCION) menyelenggarakan lomba makan ayam yang di gelar di 239 outlet Kentucky Fried Chicken (KFC). Acara yang dilaksanakan sejak 3 Maret ini sendiri mengundang banyak perhatian, mengingat hadiah yang dijanjikan terbilang fantastis.

Namun siapa sangka, event yang berhadiah Rp 5 Miliar ini ternyata memakan korban saat perlombaan berlangsung. Fredy Y Jayadi, salah seorang peserta lomba dinyatakan tewas akibat tersedak saat mengikuti lomba di KFC Taman Semanan Cengkareng, Jakarta Barat, pada Jumat (11/3).

Dari kejadian itu, berikut fakta-fakta mengejutkan kejadian lomba makan ayam itu, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/3):


1. Korban tewas tersedak saat makan sayap ayam
Fredy Y Jayadi (39) tewas saat mengikuti lomba makan sayap ayam KFC berhadiah Rp 5 miliar, Jumat (11/3). Seorang Saksi Jeick tanto membenarkan bahwa tewasnya Fredy karena tersedak saat mengikuti lomba. Saat itu korban tengah bersaing dengan tiga peserta lainnya.

Para panitia memberi tiga potong sayap ayam. Dalam perlombaan, korban telah memakan sayap ayam ketiga, dikabarkan tiba-tiba tersedak dan langsung minum air putih. Fredy juga sempat diberikan pertolongan pertama dengan dibawa ke klinik Yasa Husada.


2. Panitia tak sediakan tim medis saat perlombaan berlangsung
Dari pemeriksaan sementara, diketahui penyelenggara tidak menyiapkan tim medis di lokasi lomba. Namun begitu, polisi belum bisa menetapkan ada sangkaan kelalaian dari pihak penyelenggara.

"Penyelenggara memang tidak menyediakan tim medis. Tapi kita belum bisa bilang ini kelalaian atau tidak. Makanya ini kita mau cek prosedur penyelenggaraannya, pengadaan tim medis wajib atau tidak," kata Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Barat AKBP Didik Sugiarto.


3. Panitia sempat tetap jalankan lomba
Seusai kejadian yang menewaskan Fredy pada Jumat (11/3), pihak penyelenggara, yakni EO O2 Accion tetap menjalankan lomba. "Lomba masih lanjut, tapi saya belum dapat informasi arahan," kata seorang pegawai O2 Accion, Anto saat dihubungi, Sabtu (12/3).
 
Namun lanjutan informasi yang beredar, penyelenggara akhirnya resmi menghentikan event yang telah memakan korban ini. Pihaknya menyatakan akan bertanggung jawab atas wafatnya seorang peserta Fredy Jayadi.

"Dengan pernyataan ini, kami memutuskan untuk menghentikan kegiatan lomba makan ayam ini," ujar pihak O2 ACCION dalam press rilis yang diterima wartawan, Minggu (13/3).
 
 
4. Panitia tak menyediakan minum
Di aturan lomba seperti yang dikutip dari laman media sosial resmi ajang tersebut, total keseluruhan ayam yang disediakan panitia adalah lima potong, namun yang dilombakan hanya tiga ayam bagian sayap.

Dua potong ayam sisanya bisa dibawa pulang. Peserta hanya diperbolehkan minum dalam kondisi darurat, dan pihak panitia tidak menyediakan minuman saat lomba berlangsung.

"Peserta diperbolehkan minum dalam kondisi urgent, dibawa sendiri dari rumah," demikian bunyi aturan yang tercantum.