Brilio.net - Fenomena mengejutkan terjadi di kolam renang Tirta Krida Lanudal Juanda, Sidoarjo. Air kolam yang tadinya tenang tiba-tiba berombak besar, padahal tak ada seseorang yang sedang berenang pada saat itu. Kejadian ini terjadi sesaat sebelum gempa besar mengguncang Palu, Donggala dan sekitarnya, Jumat (28/9).

Dari video yang viral di media sosial seseorang merekam kejadian yang bikin heboh ini. Terlihat gejolak air lumayan besar sehingga ke luar dari tepian kolam.

Sempat dikira rekayasa, namun kebenaran kejadian ini dikonfirmasi oleh Komandan Pangkalan Udara TNI AL Juanda Kolonel Laut, Bayu Alisyahbana.

Fenomena air kolam renang Tirta Krida Lanudal Juanda tiba-tiba berombak besar seperti ini bukan pertama kali terjadi. Pada video tersebut terdengar sayup-sayup suara petugas mengatakan sudah pernah empat kali.

Loading...

Saat gempa dan tsunami menerjang Aceh pada 2004 lalu, air kolam renang ini berombak setinggi dua meter. Air koolam Tirta Krida Lanudal Juanda berombak lagi setinggi satu meter saat kejadian gempa di Pulau Nias, Yogyakarta dan Lombok.

Masih menjadi perdebatan apakah ombak di kolam renang tersebut asli atau buatan. Menurut Komandan Pangkalan TNI AL Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana seperti dikutip dari Tempo, ia mengatakan video tersebut asli, bukan rekayasa.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Harry Djatmiko, mengatakan ombak yang terjadi di kolam renang milik TNI AL di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) adalah ombak buatan. "Kolam renang Puslatdiksarmil TNI AL Juanda memang dipasangi semacam alat blower pengaduk air," ujar Harry dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/9).