Brilio.net - Pada masa pandemi Covid-19, berbagai upaya untuk mencegah terjangkitnya virus marak dilakukan. Berbagai kebiasaan sehari-hari juga lambat laun mulai berubah. Pada Selasa (6/10), Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menganjurkan masyarakat untuk menghindari minum air dingin di tengah pandemi virus corona. Menurutnya, air es bisa membuat virus bertahan lama.-"Upayakan hindari betul minuman yang dingin, es-esan. Ingat, virus ini adalah virus berlemak, sifat lemak itu makin kuat di tempat yang dingin, dia akan mengeras. Upayakan hindari minuman dingin, minuman es, dan lain-lain, karena virus ini akan kuat di tempat dingin virus berlemak," kata Tito Karnavian seperti dilansir brilio.net dari YouTube Kemendagri pada Rabu (7/10).-Mendagri kembali menekankan untuk senantiasa memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi selama pandemi. Karena itulah, ia mengimbau para pegawai membawa bekal makanan dari rumah. Untuk alat-alat makan pun sebaiknya membawa sendiri sebagai bentuk kewaspadaan.

minuman dingin saat pendemi Berbagai Sumber

foto: Liputan6/Johan Tallo

"Kalau seandainya mau minum, mintalah minum yang panas, dan bersihkan bagian-bagian yang mungkin dipegang orang lain, seperti telinga cangkir, bawahnya cangkir semprot dulu. Bersihkan dulu ya, dengan sabun atau hand sanitizer, sehingga semua yang disentuh orang lain sudah clear, baru kita minum minuman panas, karena dengan air mendidih dia mati," jelasnya.

Tak hanya memberikan imbauan belaka, Tito pun mengaku sudah menerapkan hal ini pada keluarganya.

Loading...

"Kalau saya, istri saya di rumah biasanya sudah siapkan dengan kantongnya. Khusus sendok-garpu buat saya sendiri, ajudan pun nggak boleh pegang. Kemudian minuman bawa tempat minuman, mau tumbler atau botol, bawa sendiri taruh di ransel," imbuhnya.