Brilio.net - Tokoh besar Nahdlatul Ulama (NU) Maimun Zubair tutup usia. Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah tersebut dikabarkan meninggal pada Selasa (6/8). Tokoh yang akrab disapa Mbah Moen tersebut meninggal saat menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi sekitar pukul 04.17 waktu setempat.

"Iya betul, kami dapat info duka yang mendampingi beliau selama di Makkah. Kami sangat kehilangan beliau. Dua hari lalu saya masih sempat sowan beliau dan masih sehat walafiat," kata Ahmad Baidowi, Wakil Sekjen DPP PPP dikutip brilio.net dari liputan6.com, Selasa (6/8).

Tokoh-tokoh penting di Indonesia pun turut berbela sungkawa atas wafatnya sosok pemersatu bangsa tersebut. Selain tokoh ulama seperti Gus Miftah hingga Mustofa Bisri, beberapa tokoh politik juga mengucapkan bela sungkawa melalui media sosial. Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/8).

1. Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketum PP Muslimat Nahdlatul Ulama menyampaikan duka cita yang mendalam pada akun Instagramnya. Khofifah mengaku bahwa pada Bulan Juni lalu, ia merasa terhormat Mbah Moen bisa datang ke acara nikahan putrinya.

Loading...
 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Innalillahi Wa Innailahi Rajiun. Saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya ke Rahmatullah, KH Maimoen Zubair pada usia 90 tahun di Makkah. Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama berdoa bagi Mbah Moen, semoga amal ibadahnya diterima Allah , hilafnya diampuni Allah dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT, khusnul khotimah, dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan dan kesabaran. Allahuma Aamiin. Setelah mendapat mandat sebagai gubernur Jatim saya sowan beliau. Mbah Moen berpesan agar Jawa Timur dijaga sebagai propinsi yang aman dan sejahtera. Juni lalu beliau jauh-jauh dari Rembang ke Surabaya rawuh di akad nikah putri saya, Patimasang dan berkenan menghadiahi putri saya barokah doa yang sangat bermakna. Matursuwun Mbah Moen. InsyaAllah bersama hamba yang dicintai Allah menuju Jannatun na'im. Amiiin. #mbahmoen #khmaimoenzubair #mbahmaimunzubair

A post shared by khofifah indar parawansa (@khofifah.ip) on

"Innalillahi Wa Innailahi Rajiun. Saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya ke Rahmatullah, KH Maimoen Zubair pada usia 90 tahun di Makkah. Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama berdoa bagi Mbah Moen, semoga amal ibadahnya diterima Allah , hilafnya diampuni Allah dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT, khusnul khotimah, dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan dan kesabaran. Allahuma Aamiin," tulis Khofifah dalam akun Instagramnya @khofifah.ip.

Dalam unggahannya, Gubernur Jawa Timur ini menuliskan kenangan ulama Indonesia tersebut.

"Setelah mendapat mandat sebagai gubernur Jatim saya sowan beliau. Mbah Moen berpesan agar Jawa Timur dijaga sebagai propinsi yang aman dan sejahtera.

Juni lalu beliau jauh-jauh dari Rembang ke Surabaya rawuh di akad nikah putri saya, Patimasang dan berkenan menghadiahi putri saya barokah doa yang sangat bermakna. Matursuwun Mbah Moen. InsyaAllah bersama hamba yang dicintai Allah menuju Jannatun na'im. Amiiin.," ungkap Khofifah.

2. Fadli Zon juga mengucapkan bela sungkawa lewat akun Twitternya.

rasa duka tokoh politik  © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@fadlizon

"Semoga almarhum Mbah Moen diterima di tempat terbaik di sisi Allah SWT dan husnul khotimah. Amin," tutur Fadli Zon.

Seperti yang diketahui, Fadli Zon pernah membuat puisi yang disebut mengarah kepada sosok Mbah Moen.

Politisi lain yang juga mengucapkan rasa duka yang mendalam adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Lewat beberapa cuitan Twitternya, Susi mengenang kunjungannya ke Pangandaran bertemu Mbah Moen.

3. Susi Pudjiastuti.

"Duka yang mendalam. Mengenang kunjungan beliau ke Pangandaran membawa oleh2 , wejangan & kegembiraan yg tidak mungkin saya lupakan. Sebuah Kehormatan yg luarbiasa untk kesempatan mengenal beliau. Ulama besar, sahabat yang luarbiasa. Semoga Alloh SWT menerima semua amal ibadah beliau.," tulis Susi.

4. Ridwan Kamil mengungkapkan rasa duka atas wafatnya ulama besar Indonesia.

rasa duka tokoh politik  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ridwankamil

Serupa dengan Susi Pudjiastuti, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah foto di Instagram dengan bubuhan caption bela sungkawa.

"Innalillahi wainna ilaihi raji’un.

Duka cita teramat dalam di pagi ini atas berpulangnya Ulama besar Indonesia, guru tercinta kita semua, KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen di Makkah Al Mukarommah.

Semoga Allah SWT tempatkan beliau di tempat terbaik di sisiNYA. Dan semoga Husnul Khotimah. Dan keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kekuatan dan kesabaran. Aamiin.

Terima Kasih Mbah Moen atas segala doa dan nasehatnya selama ini kepada saya khususnya dan kami pada umumnya," terang Ridwan Kamil.

5. Sandiaga Uno menuliskan duka mendalam untuk kepergian Mbah Moen.

rasa duka tokoh politik  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@sandiuno

Tokoh politik lain yang juga mengungkapkan duka yang mendalam adalah Sandiaga Uno. Lewat cuitan Twitternya, ia mendoakan Mbah Moen dilapangkan kuburnya.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Selamat jalan, Mbah Moen. Semoga husnul khatimah, diterima segala amal ibadahnya, dan dilapangkan kuburnya. Aamiin ya rabbal alamin," tulis Sandiaga Uno.

6. Anies Baswedan merasa kehilangan sosok Mbah Moen.

rasa duka tokoh politik  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@aniesbaswedan

Satu lagi tokoh politik yang juga menunjukkan rasa duka atas wafatnya Mbah Moen. Anies Baswedan mengungkapkan bahwa meninggalnya Mbah Moen di Tanah Suci membuat rasa kehilangan yang teramat dalam.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Tertegun. Mbah Moen pulang. Yang Maha Penyayang memanggilnya pulang di Tanah Suci, jauh dari tanah lahir, dekat dengan jannah-Nya. Sungguh kehilangan besar bagi kita. Lahul fatihah. #ABW," tulis Gubernur DKI Jakarta tersebut.