Brilio.net - Kabar duka datang dari Maimun Zubair. Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang yang akrab disapa Mbah Moen ini dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (6/8). Mbah Moen dikabarkan wafat saat menunaikan ibadah haji di Mekah, Arab Saudi.

Beberapa tokoh ulama mengucapkan rasa bela sungkawanya melalui media sosial. Mahfud MD lewat akun Twitter pribadinya menyampaikan rasa bela sungkawa mendalam. Menurutnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut wafat pada pukul 08.17 WIB. Mahfud MD mengaku mendapat kabar tersebut dari Pak Supri, salah seorang teman terdekat Mbah Moen.

"Inna lillah wa innaa ilaihi raji'un. Kyai Maimoen Zubeir (Mbah Moen) wafat di tanah suci Mekah jam 8.17 WIB tadi. Beliau wafat di tempat yang dicintainya. Saya mendapat kabar langsung berita ini dari Pak Supri, salah seorang terdekat Mbah Moen. Jadi, insyaallah, ini bukan hoax," ungkap Mahfud MD.

Selain itu, Gus Miftah menuliskan cerita haru saat ia melakukan video call beberapa hari sebelum Mbah Moen wafat. Gus Miftah mengungkapkan kalau Lebaran lalu ia mendapatkan hadiah dari Mbah Moen berupa surban, sandal dan parfum.

Gus Miftah mengaku kaget mendengar kabar tersebut. Apalagi satu pekan sebelum Mbah Moen menunaikan haji, pria yang sering berdakwah di klub malam ini sempat menyatakan ingin bertemu. Namun tidak kesampaian.

"Ya Allah....... Mbah moen. Dua hari sebelum lebaran beliau video call, lebaran beliau kasih saya hadiah surban, sandal dan parfum yg sering beliau pakai. Seminggu sebelum berangkat haji gagal bertemu beliau, Pagi ini dikota suci Mekah beliau kembali kepada Allah..... ya Allah. Mohon doa untuk beliau semoga khusnul khotimah," ujar Gus Miftah pada Instagram pribadinya.

Tokoh ulama lain yang menyampaikan rasa duka mendalam atas kepergian Mbah Moen adalah Mustofa Bisri alias Gus Mus. Tanpa banyak kata-kata, Gus Mus mengunggah foto tulisan Arab yang berbunyi, 'Inna lillah wa innaa ilaihi raji'un.' Di gambar tersebut juga disematkan emoji menangis yang menggambarkan kesedihan Gus Mus ditinggal tokoh senior NU tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ahmad Mustofa Bisri (@s.kakung) on