Brilio.net - Pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza 5 (TP) di Jalan Jenderal Basuki Rachmat, Kedungdoro, Tegalsari, Surabaya, terbakar pada Rabu petang sekitar pukul 17.35 WIB.

Menyadur dari Antara, informasi kebakaran ini didapat dari grup WhatsApp SIAGA Surabaya yang dilaporkan oleh petugas Dishub Surabaya. Saat ini kebakaran tersebut sedang ditangani oleh Petugas Dinas Pemadaman Kebakaran (PMK) Kota Surabaya.

Api terlihat cukup besar dengan asap yang membumbung tinggi di gedung bertingkat antara SOGO dan Four Points. Dinas PMK telah menerjunkan 13 unit kendaraan pemadam kebakaran, tiga di antaranya adalah Bronto Skylift.

tunjungan plaza surabaya kebakaran © Instagram

foto: Instagram/@call112surabaya

"10 unit kami luncurkan + 3 unit Bronto Skylift. Saat ini pak petugas PMK sudah di lokasi pemadaman," terang Amir Akbar, Petugas Kedaruratan 112 Surabaya, dikutip dari Liputan6.com, Rabu (13/4).

Video kebakaran di Tunjungan Plaza juga dibagikan oleh akun Instagram Call 112 Surabaya. Video berdurasi 16 menit lebih itu memperlihatkan proses pemadaman api oleh petugas.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Command Center 112 Surabaya (@call112surabaya)

 

Salah satu pengunjung Tunjungan Plaza, Beni dimintai keterangan mengenai musibah kebakaran tersebut. Dia mengatakan, adanya asap dan api dan membuat banyak pengunjung panik berlarian.

"Saya kebetulan ada di TP saat berbuka puasa. Waktu itu saya hendak makan terus panik juga saat lihat api yang semakin membesar," ujarnya, dikutip dari Liputan6.com.

Akibat dari kebakaran ini membuat kemacetan di sejumlah ruas jalan, seperti di Jalan Basuki Rahmat, Embong Malang, Jalan Tunjungan dan lainnya.