Brilio.net - Beasiswa kerap menjadi jalan keluar bagi mahasiswa berprestasi namun terkendala masalah ekonomi. Nggak jarang lho, para mahasiswa yang tadinya bingung mikirin soal biaya kuliah, akhirnya bisa mendapatkan solusi lewat beasiswa.

Alasan inilah yang membuat Lotte Foundation memberikan dukungan pada dunia pendidikan di Indonesia. Baru-baru ini Lotte Foundation menyalurkan beasiswa bagi  51 mahasiswa dari 11 universitas di Tanah Air. Setiap mahasiswa penerima akan mendapatkan beasiswa sebesar USD 400 untuk satu semester.

 Lotte Mahasiswa © 2017 brilio.net

Kesebelas universitas itu adalah Universitas Indonesia, Universitas Nasional, Institut Teknologi Bandung, Universitas Atmajaya, Universitas Trisakti, Universitas Prasetya Mulia, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret Solo, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, dan Universitas Islam As Syafiiah.

Ini merupakan program beasiswa Lotte Foundation yang ketujuh kalinya sejak pertama diluncurkan pada 2010 silam. Hingga saat ini total sudah lebih dari 400 mahasiswa yang menerima beasiswa ini.

Loading...

“Beasiswa ini untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa. Agar mereka terus bisa belajar dan membentuk kompetensi diri yang baik serta meningkatkan kualitasnya agar dapat meningkatkan daya saing dan pada akhirnya padat memberikan kontribusi positif bagi negara,” kata Presiden Direktur PT Lotte Mart dan PT Lotte Shopping Indonesia Joseph Buntaran, usai penyerahan beasiswa di Lotte Shopping Avenue, Ciputra World Jakarta, baru-baru ini.

 Lotte Mahasiswa © 2017 brilio.net

Nah dalam penentuan siapa yang bakal menerima beasiswa sepenuhnya diputuskan Lotte pusat di Korea Selatan. Lotte Indonesia hanya memberikan data dari hasil seleksi secara lokal dari perguruan tinggi, kemudian penyaringan finalnya dilakukan di Korea.

“Kriteria umum adalah mahasiswa berprestasi yang punya masalah finansial. Nanti pihak universitas memberikan usulan kepada kita daftar mahasiswanya. Lalu kita kirimkan dokumennya ke Korea,” lanjut Joseph.

Lotte Foundation memberikan kesempatan bagi semua perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Namun karena jumlah budget yang diberikan terbatas, pemberian beasiswa ini diberikan secara bergilir pada jumlah universitas penerima.