Brilio.net - Sejak beberapa tahun terakhir, lomba lari seperti marathon di Indonesia memang lagi hits banget. Bahkan beberapa daerah menggelar ajang lomba lari dengan menonjolkan kekayaan budaya dan wisata yang ada di daerah tersebut.

Melihat peluang itu, agen perjalanan tiket.com menggelar lomba lari berskala Internasional bertajuk tiket.com Kudus Relay Marathon (TKRM) 2018. Relay Marathon 2018 digelar karena terinspirasi dari lomba lari Ekiden di Jepang. Ekiden merupakan lomba lari estafet beregu dengan empat peserta dan diikuti oleh ribuan masyarakat setiap tahunnya.

Tahun ini, Kota Kudus mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah di acara besar tersebut. Acara itu akan digelar pada 21 Oktober 2018 mendatang.

Marathon © 2018 brilio.net

"Saya melihat tahun ini ada fenomena yang beda yaitu sport tourism. Sebagai agen perjalanan kita enggak mau travel aja, kita mau buat yang beda. Kita buat acara tiket.com Kudus Relay Marathon (TKRM) 2018 dengan mengangkat Kota Kudus sebagai lokasi acara," ujar Co Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa saat ditemui media di Jakarta, Rabu (18/7).

Loading...

Gaery mengatakan pihaknya memilih Kudus sebagai lokasi Raley Marathon 2018 karena Kota Kretek ini memiliki potensi wisata yang luar biasa, namun sayangnya kurang dikenal oleh banyak orang.

"Di Kudus kulinernya sangat banyak, ada juga wisata religi dan budaya yang masih sangat kental. Nanti konsepnya kita bikin pelari tertarik datang ke Kudus," tambahnya.

Sementara itu, Direktur RunID Bertha Ghani menjelaskan teknis perlombaannya. Satu grup terdiri dari empat peserta dengan gender berbeda dan diberi jarak 42.195 kilometer.

"Batas waktunya 6 jam, jadi setiap orang diberi waktu 1,5 jam untuk menyelesaikan misinya ke tim grup lainnya. Nanti para peserta juga akan menggunakan selendang yang akan diberikan ke tim lainnya," paparnya.

Sementara itu, lajut dia, untuk lokasinya para peserta Relay Marathon akan mengelilingi kota kudus dengan jalur yang relatif datar agar semua bisa menikmati lomba ini.

"Rute lomba menyusuri jalan-jalan utama Kota Kudus dengan lokasi start dan finish yang berada di Alun-alun Simpang Tujuh, Kudus," jelasnya.

Rupanya, acara yang menargetkan 5.500 pelari ini tak hanya Relay Marathon. Ada juga Half Marathon dengan jarak 21,1 kilometer, 10K, hingga 5K dan juga ada Kids Fun Run.

"Kita buka untuk umum, karena kita mau ningkatin daerahnya makanya kita bikin beberapa tipe," pungkasnya.

Untuk saat ini, pendaftaran Relay Marathon 2018 sudah mulai dibuka. Bagi kamu yang tertarik untuk ikut berpartisipasi di acara ini kamu bisa langsung mendaftarkan diri di www.tiket.com/TKRM.