×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Era persaingan konten, kamu juga bisa jadi selebgram dan YouTuber

View Image

0

BRILIO » Serius

Era persaingan konten, kamu juga bisa jadi selebgram dan YouTuber

foto: merdeka.com

Setiap orang dapat membuat konten dan mempublikasikannya.

25 / 04 / 2018

Brilio.net - Konferensi bagi generasi milenial, XYZ Day, resmi dibuka di Senayan City Jakarta, Rabu (25/4). Acara ini menghadirkan para influencer dan content creator seperti Najwa Shihab, Deddy Corbuzier, Ernest Prakasa, Raditya Dika, Ria Ricis, dan masih banyak lagi.

CEO KapanLagi Youniverse (KLY), Steve Christian menyebutkan, konferensi ini memberikan insight mengenai dunia konten dan media dari semua generasi baik X, Y, dan Z. "Acara ini akan berbicara mengenai content creation. Ini industri lama dan dari dulu sudah ada. Namun, akhir-akhir ini ada pertempuran content creation karena saat ini semua orang bisa punya audience," jelasnya saat membuka acara XYZ Day, dikutip dari merdeka.com.

xyz day merdeka.com

SC dalam konferensi pers XYZ Day 2018/foto: merdeka.com

Sosok yang akrab disapa SC ini menerangkan, sudah banyak bukti yang bisa dilihat di mana setiap orang dapat membuat konten dan mempublikasikannya di platform seperti YouTube dan lain sebagainya. Maka, audience pun mulai bergeser ke konten-konten yang dibuat oleh kolega dekatnya sendiri. "Contohnya, berapa banyak kita konsumsi konten dari teman kita sendiri? Makin lama audience pun berasal dari kawan si pembuat konten itu," ungkapnya.

Loading...

Meski begitu, bukan berarti media daring tak memiliki audience sejak adanya 'pertarungan' konten itu. Media online seperti KLY masih memiliki audience yang setia. Terbukti, untuk KLY sendiri memiliki 120 juta pembaca.

xyz day 2018 merdeka.com

Ria Ricis berbagi pengalaman di XYZ Day 2018 dalam segmen Youtalks-Something About Ricis/foto: merdeka.com

Sementara itu, Ria Ricis bercerita tentang jatuh bangun perjalanannya menjadi seorang YouTuber seperti sekarang. "Awal di YouTube itu sebenernya Ricis pindahan dari Instagram. Kata orang sih termasuk cepet ya, karena Ricis pindahan dari Instagram. Tapi kalau dibilang proses itu dari nol, terus promo-promo yang penting kontennya kita variasi, banyak mencari narasumber segala macem," ujar Ria Ricis, dikutip kapanlagi.com.

Dia banyak mengawali sepak terjangnya di YouTube dengan berbagai jenis konten. Selain vlog, Ria Ricis juga menceritakan kalau ia sempat mengawali channel YouTube-nya dengan konten review. "Yang paling penting semoga konten Ricis bisa bermanfaat bagi temen-temen semua, bagi anak-anak generasi XYZ, karena yang paling penting bermanfaat bagi orang lain," terangnya.

xyz day 2018 merdeka.com

Najwa Shihab berbagi pengalaman di XYZ Day 2018/foto: merdeka.com

Soal banyaknya anggapan bahwa orang-orang dari Generasi Z cenderung menyukai konten yang receh, presenter Najwa Shihab mengaku nggak sepakat dengan pandangan ini. "Beberapa kali konten yang kami tampilkan lewat Catatan Najwa, lewat konten-konten yang lain, itu konten yang dalam tanda kutip bisa dianggap berat, tapi tetap mendapatkan respons kok dari mereka," ujarnya.

xyz day merdeka.com

Event XYZ Day 2018/foto: merdeka.com

Dalam acara XYZ Day ini, juga ada acara XYZ Day Creator Award. XYZ Day sendiri merupakan event pertama yang diselenggarakan setelah KapanLagi Network (KLN) dan KMK Online bergabung.

Sebagaimana diketahui, KLN merupakan holding dari KapanLagi.com, Merdeka.com, Dream.co.id, Brilio.net, Bola.net, Otosia.com, Fimela.com, Vemale.com, dan famous.id. Sementara KMK Online memiliki Liputan6.com, Bintang.com, dan Bola.com. Setelah bergabung, berganti nama menjadi KLY. Praktis, saat ini dengan penggabungan itu, media online ini memiliki total 12 media daring.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    50%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more