Brilio.net - Generasi milenial kini lagi jadi omongan. Maklum deh, kelompok ini disebut sebagai generasi yang unik. Dianggap nggak loyal, gampang berubah, dan lebih suka gaya hidup hedonis. Tapi nggak semua milenial seperti itu loh. Ya mungkin itu hanya pandangan sebagian dari mereka yang sinis dan skeptis terhadap milenial.

Buktinya, banyak juga kok milenial yang kreatif dan punya aksi positif. Memang sih, generasi milenial itu punya ketergantungan sangat tinggi terhadap berbagai perkembangan teknologi digital dan online terkini. Faktor inilah yang membuat generasi milenial punya karakteristik dan keunikan tersendiri, khususnya dalam menerima dan mentransfer semua informasi.

Namun sejumlah penelitian menyebutkan, generasi milenial dengan segala keunikannya itu merupakan salah satu kelompok yang sangat rentan terhadap berbagai pengaruh radikalisme dan tindakan intoleran di tengah derasnya arus informasi, terutama yang beredar di media sosial dan internet.

Dengar yang muda © 2017 brilio.net

Apalagi, sekarang ini banyak informasi yang nggak difilter dan cenderung  tidak terkendali. Nggak heran dalam waktu belakangan ini muncul kekhawatiran tentang gerakan radikalisme di kalangan milenial.

Tentu saja ini nggak boleh dibiarkan dong. Kamu perlu memahami betul arti toleransi serta hak kebhinekaan yang menjadi salah satu syarat persatuan. Kamu juga mesti memahami perbedaan pendapat yang menjadi dasar kondusifitas.

Nah berawal dari semakin memprihatinkannya perkembangan radikalisme di Indonesia khususnya pada generasi milenial, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia bakal menggelar acara yang bisa membuat kamu mengenal lebih jauh tentang kebhinekaan Indonesia.

Dengar yang muda © 2017 brilio.net

Acara bertajuk #DengarYangMuda “Toleransi Jadi Aksi” ini akan diselenggarakan di Gandaria City Hall pada 16 September 2017 mulai pukul 14.00—18.00 WIB. Acara keren yang mengusung tema “Toleransi & Produktivitas Generasi Millenials” ini adalah untuk meredam aksi radikalisme di kalangan milenial.

Jangan berpikir acara ini kayak forum diskusi yang berat banget ya. Acara ini dikemas secara ringan kok, tapi serius. Dijamin acara ini bisa membuka wawasan kamu supaya bisa mengerti soal toleransi secara benar. Tujuannya agar kamu terhindar dari radikalisme dan fokus pada berbagai hal positif ke arah yang lebih produktif.

Oh ya banyak tokoh keren dalam acara ini loh. Ada Diaz Hendropriyono dan Ayushita yang bakal ngomongin soal toleransi dan keberagaman di kehidupan sehari–hari dan dalam media sosial pada sesi talkshow dan sharing session.

Dengar yang muda © 2017 brilio.net

Asal tahu saja ya, Diaz Hendropriyono, pria kelahiran Jakarta, 25 September 1978 ini adalah sosok politikus muda Indonesia asal Jakarta. Putra ketiga tokoh intelijen nasional AM Hendropriyono ini merupakan Lulusan Lemhannas PPRA 49 (2013) dan pemegang Master of Public Administration (Virginia Tech, USA). Dia juga terdaftar sebagai kandidat Doktor (PhD) bidang Administrasi Negara di Center of Public Administration and Policy (Virginia Tech, USA).

Sementara Ayushita dikenal sebagai aktris sekaligus penyanyi ini adalah role model banyak kaum milenial saat ini. Ayu—begitu Ayushita biasa disapa—memiliki diferensiasi yang kuat dan karakter beda pada penampilannya. Terkenal cerdas dan memiliki pandangan dan gagasan yang baik serta keberpihakan pada konten lokal dan budaya tradisional Indonesia.

Nah di sesi Mentor Class bakal ada Andanu Kopi Tuku yang akan membawakan topik soal Entrepreneur & Social Media Branding. Maklum, Andanu Kopi Tuku dikenal sebagai pengusaha muda sukses yang punya kopi tuku, salah satu primadona kopi di kalangan masyarakat muda Jakarta. Andanu memasarkan produknya hanya melalui media sosial dan memiliki gerai kecil sederhana. Namun produknya mampu merajai pangsa pasar kopi di Jakarta.

Dengar yang muda © 2017 brilio.net

Lalu ada juga fashion blogger Larasyerininta yang akan berbagi pengalaman. Fashion blogger cantik ini memiliki gaya dan karakter yang berbeda dan berani. Dia selalu menunjukan bagaimana menjadi diri sendiri namun tetap disukai dan stylish. Wajar jika Larasyerininta menjadi role model kebanyakan generasi saat ini.

Kemudian ada vlogger & content creative, Ghofar Hilman. Melalui video-videonya Ghofar membuat konten-konten kreatif yang lucu dan juga nyeleneh, namun sangat menghibur dan tampil beda.

Nah yang nggak kalah keren, acara ini bakal menampilkan Key Note Speaker yang unik dan berbeda dari acara lainnya, yaitu Cak Lontong. Komedian cerdas yang memiliki logikanya sendiri ini terkenal sering memasukan candaan sosial dan kritik terhadap situasi terkini yang dikemas secara cerdas dan menghibur.

Dengar yang muda © 2017 brilio.net

Makanya, kamu jangan sampai terlewat ikutan acara ini ya? Supaya kamu mawas diri, terutama dalam mengakses informasi agar tidak dimanfaatkan kelompok-kelompok radikal.