×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jokowi 'nemu feeling' Bukit Nyuling bisa jadi ibu kota baru

View Image

0

BRILIO » Serius

Jokowi 'nemu feeling' Bukit Nyuling bisa jadi ibu kota baru

Jokowi menyebut Bukit Nyuling tak termasuk kawasan rawan bencana

08 / 05 / 2019 16:50

Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kalimantan sejak Selasa (7/5). Maksud kunjungan kerja itu sebagai bentuk tindak lanjut keseriusan pemerintah terkait wacana pemindahan ibu kota Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Jokowi beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 09.00 WIB.

Jokowi meninjau di kawasan Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan beberapa lokasi lain. Ia sempat meninjau Bukit Soeharto sebagai salah satu kandidat lokasi ibu kota.

jokowi bukit nyuling © Instagram/@jokowi

foto: Instagram/@jokowi

Loading...

Jokowi mengaku sengaja meninjau langsung lokasi calon ibu kota baru RI yang terletak di Bukit Nyuling Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Jokowi mengatakan ingin mendapatkan feeling apakah wilayah tersebut cocok untuk dijadikan pusat pemerintahan.

"Saya ini ke lapangan hanya satu, mencari feeling-nya. Biar dapat feeling-nya. Kalau sudah dapat feeling-nya, nanti kalkulasinya, hitung-hitungan memutuskan lebih mudah. Kalau ke lokasi saja belum, dapat feeling dari mana," ujar Jokowi seperti dikutip dari Liputan6, Rabu (8/5).

Jokowi meninjau Bukit Nyuling sekitar satu jam. Setelah mendengarkan paparan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Jokowi sempat melihat-lihat lokasi calon ibu kota tersebut.

jokowi bukit nyuling © Instagram/@jokowi

foto: Instagram/@jokowi

Usai meninjau, Jokowi mengaku mendapat 'feeling' tentang pemilihan Bukit Nyuling sebagai lokasi ibu kota baru.

"Nemu, nemu. Nemu feeling," ujar Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, nantinya akan ada tim khusus yang melakukan peninjauan secara menyeluruh di lokasi yang dikunjunginya. Nantinya, hasil penelitian tim ini akan disampaikan ke DPR untuk mendapatkan persetujuan pemindahan ibu kota.

"Nanti tim besarnya akan diam-diam ke sini lagi. Dihitung kemudian baru setelah matang dan terencana secara detail diserahkan kepada saya. Nah dari situ lah kita memutuskan," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengaku jika dilihat dari sisi keluasan, Kalimantan Tengah adalah lokasi yang paling siap untuk dijadikan pusat pemerintah. Menurut dia, Kalteng siap menyediakan lahan seluas 300 hektare jika dipilih sebagai ibu kota.

Kendati begitu, perkara ketersediaan lahan bukan satu-satunya aspek yang dipertimbangkan pemerintah. Jokowi menegaskan masih banyak hal yang perlu dikaji lagi seperti kesiapan infrastruktur, kebencanaan, hingga kondisi sosial masyarakat.

Jokowi menyebut Bukit Nyuling memang tak termasuk lokasi rawan benacana. Namun, kawasan Bukit Nyuling masih jauh dari kesiapan infrastruktur.

"Urusan banjir mungkin di sini tidak, ya kan? Urusan gempa di sini tidak. Tapi kesiapan infrastruktur harus dimulai dari nol lagi. Ya kan?" kata dia.

Dalam kesempatan ini, Jokowi turut didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan A Djalil.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more