Brilio.net - Cheng Ho atau  Zheng He yang dikenal sebagai pelaut merupakan seorang muslim. Lahir sebagai keturunan suku Hui pada tahun 1371 di Propinsi Yunan, Tiongkok  Cheng Ho mengabdi kepada Kaisar Yongle dari Dinasti Ming.

Atas perintah sang kaisar, Cheng Ho mewakili Kerajaan Tiongkok berlayar ke berbagai tempat di dunia antara tahun 1405-1433. Beberapa tempat yang telah disambanginya antara lain adalah  Vietnam, Taiwan, Malaka, Sri Lanka, India, Arab, dan Indonesia di Pulau Sumatra dan Jawa.

Beberapa kota yang disambanginya kini dibuatkan jejak peninggalan untuk sosok yang di Indonesia cukup ikonik ini. Kota-kota itu adalah sebagai berikut, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (17/3).  

1. Surabaya

bangunan cheng ho  © 2016 brilio.net

Loading...

Pada 2002 diresmikan Masjdi Cheng Ho Surabaya yang berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya. Posisinya sekitar 1 km arah utara dari Balaikota Surabaya.

2. Pasuruan

bangunan cheng ho  © 2016 brilio.net

Masjid Cheng Ho Pasuruan terletak di wilayah Pandaan tepatnya berada di jalur utama antara Jalan Raya Pasuruan-Malang-Tretes. Masjid Cheng Ho Pasuruan ini mulai digunakan pada tahun 2008.

 

3. Purbalingga

bangunan cheng ho  © 2016 brilio.net

Kabupaten di Jawa Tengah ini menyusul dalam hal pembuatan bangunan yang sama pada 2011. Lokasinya berada di Jalan Raya Purbalingga–Bobotsari di Desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet.

4. Jember

bangunan cheng ho  © 2016 brilio.net

Masjid Cheng Hoo Jember berlokasi di belakang kantor Kelurahan Sempusari Kecamatan Kaliwates atau di Jalan Hayam Wuruk. Akses bisa pula dari Jalan Majapahit di belakang Carrefour. Masjid ini berfungsi pada 2015.

5. Kutai Kartanegara

bangunan cheng ho  © 2016 brilio.net

Di Jalan poros Balikpapan-Tenggarong, tepatnya di Dusun Tani Maju, Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, kamu bisa menemui masjid serupa. Secara bentuk, masjid yang difungsikan sejak 2007 ini tidak identik dengan 4 masjid lainnya.

6. Palembang

bangunan cheng ho  © 2016 brilio.net

Kamu bisa menemukan masjid 2 lantai dengan 5 tingkat yangmelambangkan sholat 5 waktu. Tinggi menara masjid 17 meter yang melambangkan  jumlah rakaat dalam sholat wajib di Perumahan Amin Mulia, Jakabaring. Masjid ini dipakai sejak 2008.

7. Makassar

bangunan cheng ho  © 2016 brilio.net

Bangunan mssjid ini berada di Jalan Hertasni Baru Makassar, berdekatan dengan perbatasan Gowa-Makassar. Lokasinya tidak jauh dari kampus 2 Universitas Islam negeri (UIN) Alauddin.

8. Semarang

bangunan cheng ho  © 2016 brilio.net

Di Ibukota Jawa Tengah ini, bangunan penghargaan kepada Cheng Ho bukan dalam bentuk masjid, melainkan klenteng ynag bernama Sam Poo Kong. Lokasinya berada di Jalan Simongan Raya No. 129, Bongsari, Semarang Barat.