Brilio.net - Setelah hari kedelapan pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Ridwan Kamil beserta istri dan putrinya pulang ke Tanah Air. Meski pencarian Eril masih terus dilanjutkan hingga kini, Gubernur Jawa Barat itu mengaku sudah mengikhlaskan sepenuhnya akan takdir putranya.

Mengenang sang putra, pria yang akrab disapa Kang Emil ini membagikan kisah tentang kebaikan Eril yang telah dinyatakan wafat karena tenggelam usai terseret arus Sungai Aare, Swiss. Dilansir brilio.net pada Senin (6/6), kisah Eril ini ia tuliskan lewat Instagram pribadinya.

jejak kebaikan eril semasa hidup © instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"Bismillah dan mohon maaf, ijinkan saya selaku ayahanda Eril, untuk memberi kesaksian atas kiprah dan semangat hidupnya selama ini. Saya tahu betul, Eril jika masih ada, pasti tidak terlalu senang jika amal atau kebaikannya diceritakan," tulis Ridwan Kamil.

Suami Atalia ini menyebut jika seandainya putranya masih ada, tentu ia tak terlalu senang jika amal dan kebaikannya diceritakan. Namun, sesuai saran dari ulama, Emil menceritakan kebaikan putra sulungnya untuk dapat memetik pelajaran dari sosok Eril.

"Namun sesuai saran ulama, ini adalah kewajiban saya selaku ayah, dan ini adalah hak dari Eril yang sudah berpulang yang wajib ditunaikan. Inilah berjuta alasan juga, kenapa kami sudah sangat mengikhlaskan kepergiannya. Semoga berkenan dan semoga semua bisa memetik hikmahnya," tuturnya.