Brilio.net - Video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan memberi selamat Persija dihadang Paspampres usai final Piala Presiden, Sabtu (17/2) malam langsung viral. Video itu kini menuai polemik di media sosial.

Pihak Istana menegaskan tidak ada arahan apapun untuk menghadang Anies Baswedan mendampingi Presiden Joko Widodo saat penyerahan Piala Presiden 2018 kepada Persija di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyebutkan Paspampres hanya mengikuti daftar nama dari panitia saat penyerahan piala dalam pertandingan final sepak bola Piala Presiden 2018.

"Tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia," kata Bey Machmudin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (18/2).

Oleh sebab itu, Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Joko Widodo.

Bey menegaskan dalam keterangan tertulisnya kepada Antara, bahwa tidak ada arahan apapun dari Presiden Jokowi untuk menghadang Anies Baswedan. Mengingat acara ini bukan acara kenegaraan, panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah.

Selama pertandingan, Presiden Jokowi dan Gubernur Anies sangat menikmati jalannya pertandingan final. Keduanya menonton dengan rileks dan akrab. Presiden Jokowi juga menyampaikan selamat dan menyalami Anies saat Persija mencetak gol.

Karena bukan acara resmi, Presiden juga masih perlu menunggu selama 15 menit di lapangan hingga selesainya pemberian penghargaan lain sebelum menyerahkan Piala Presiden kepada Persija yang keluar sebagai pemenang dalam kompetisi tersebut.