Brilio.net - Debat capres kelima diselenggarakan di Hotel Sultan Jakarta, pada 13 April 2019, pukul 20.00. Kali ini debat mengusung tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta perdagangan dan industri. Debat yang menampilkan pasangan capres-cawapres 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin, serta pasangan capres-cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berjalan dengan hikmat.

Sebagai akhir dari tahapan kampanye, debat kelima ini menjadi pelengkap dari keseluruhan tema debat yang telah berlangsung sejak 17 Januari lalu. Sebagai debat terakhir, tentunya ini menjadi pertimbangan masyarakat untuk memilih calon presiden yang sesuai hati nurani mereka.

Ada hal yang menarik dalam debat terakhir kali ini, yakni adanya doa bersama. Hal itu dilakukan sebagai penutup rangkaian kampanye sekaligus menandai masa tenang sebelum hari pencoblosan yang akan dilaksanakan serentak pada Rabu, 17 April 2019 mendatang.

Doa bersama dipimpin Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. Doa dilakukan secara Islam dan diikuti para tokoh agama lain. Momen tersebut merupakan harapan serta pesan moral atau perenungan bagi seluruh masyarakat bahwa masa kampanye telah berakhir dan saatnya memantapkan pilihan.

Isi doa yang disampaikan begitu menyentuh, di mana dalam doa tersebut mengharapkan adanya kedamaian dalam NKRI. Tak hanya itu saja, harapan untuk pemilihan nantinya bisa berjalan dengan damai dan berjalan dengan baik. Doa juga disampaikan agar pemimpin yang terpilih, maupun yang tidak terpilih, tetap dalam lindungan Tuhan.

Loading...

Doa yang disampaikan ternyata membuat segenap masyarakat merasa tersentuh. Tak hanya di warganet, audience yang hadir di studio pun turut terharu, bahkan menitikkan air mata sebagaimana pantauan Brilio.net dari siaran langsung debat di Kompas TV. Beberapa warganet bahkan menyampaikan rasa tersentuhnya tersebut di akun Twitter masing-masing.

"Ya Allah. Tak terasa menitikkan air mata menghayati doa diawal pembukaan debat capres cawapres oleh imam masjid istqlal. Subkhanallah. kita smua bersaudara #cengeng_aku," tulis @masd3n83

"Doa buat mengawali debat hari ini kok lebih "berasa" ya," ujar @delinagu.

"Doa pembukaan debat malam ini sungguh menyejukkan hati, menenteramkan jiwa, dan menyatukan spirit/semangat kesatuan bangsa dan negara.

Trimakasih Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta." tulis akun @FerdinandusSaja.