Brilio.net - Palu mulai berbenah. Berbagai bantuan baik berupa tenaga medis, peralatan berat, perlengkapan sehari-hari, maupun uang terus mengalir. Tidak hanya dari masyarakat Indonesia saja, melainkan negara luar pun juga turut mendukung pemulihan keadaan Palu dan sekitarnya.

Berdasarkan data dari BNPB yang dikutip Minggu (7/10), sudah terdapat 10 negara yang memberikan bantuan berupa peralatan berat dan kebutuhan pokok seperti genset, selimut, makanan, air bersih, dan dapur umum. Selain bantuan berupa barang, terdapat juga bantuan uang yang dikirimkan sembilan negara. Jumlah nominalnya pun beda-beda.

Negara mana saja kah yang sudah memberikan bantuan dana itu? Dan manakah negara yang memberikan jumlah uang terbanyak? Berikut daftarnya menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diunggah akun @FMB9ID_.

bantuan korban di palu tw

foto: Twitter

1. Vietnam - USD 100.000.

bantuan palu ven.vn

foto: ven.vn

Negara yang masih satu rumpun di Asia Tenggara ini telah menyumbang USD 100.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar untuk korban gempa dan tsunami di Palu.

2. Laos - USD 100.000.

bantuan palu ven.vn

foto: jclao.com

Sama halnya dengan Vietnam, Laos pun juga memberikan bantuan dengan jumlah yang sama, yaitu USD 100.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar.

3. RRT/China - USD 200.0000.

bantuan palu ven.vn

foto: travelandleisure.com

Sedikit lebih besar dibanding Laos, Republik Rakyat Tiongkok (RRT)) telah menyumbang dana sebesar USD 200.000 atau sekitar Rp 3 miliar untuk pemulihan Palu.

4. Kamboja - USD 200.000.

bantuan palu ven.vn

foto: asean.travel

Tak ketinggalan, Kamboja juga turut serta membantu sejumlah USD 200.000 atau sekitar Rp 3 miliar.

5. Australia - 500.000 dolar Australia.

bantuan palu ven.vn

foto: planetware.com

Negara tetangga yang mempunyai banyak kerja sama bilateral dengan Indonesia, Australia, juga ikut menyumbang sebanyak 500.000 dolar Australia atau sekitar Rp 5,3 miliar demi perbaikan kota dan kehidupan masyarakat di Palu.

6. Korea Selatan - USD 1 juta.

bantuan palu ven.vn

foto: jingdaily.com

Menjadi negara favorit para K-Popers di Indonesia, Korea Selatan juga turut menyisihkan kemampuan finansial mereka untuk korban gempa dan tsunami Palu dengan jumlah uang USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar.

7. Uni Eropa - 1,5 juta Euro.

bantuan palu ven.vn

foto: telegraph.co.uk

Perkumpulan negara-negara di Eropa juga membantu sejumlah 1,5 juta Euro atau sekitar Rp 22 miliar.

8. Jerman - 1,5 juta Euro.

bantuan palu ven.vn

foto: internations.org

Negara yang pernah menjadi tempat tinggal mantan Presiden Habibie ini juga ikut membantu pemulihan Palu dengan jumlah uang 1,5 juta Euro atau setara Rp 22 miliar.

9. Venezuela - USD 10 juta.

bantuan palu ven.vn

foto: planetware.com

Terakhir adalah negara dengan jumlah penyumbang dana terbanyak, yaitu Venezuela. Meski tengah mengalami krisis ekonomi yang hebat, mata uang yang ambruk, dan larinya para warga negaranya untuk mengungsi, namun Venezuela dengan sigap membantu Indonesia dengan jumlah uang sebanyak USD 10 juta atau sekitar Rp 151 miliar.