Brilio.net - Ahli biologi dan Guru Besar Guru Besar Ekologi dan Ilmu Lingkungan Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Shalihuddin Djalal Tandjung, M.Sc. meninggal dunia pada Minggu (10/3) pukul 05.40 WIB di Rumah Sakit JIH, Yogyakarta.

Prof. Dr. Shalihuddin Djalal Tandjung, M.Sc. lahir di Batusangkar, Sumatera Barat, 11 November 1942. Profesor ini meninggal dalam usia umur 76 tahun. Prof. Dr. Shalihuddin Djalal Tandjung, M.Sc adalah seorang ilmuwan dan pengajar Indonesia.

Ia merupakan Guru Besar Ekologi dan Ilmu Lingkungan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Negara Lingkungan Hidup. 

Prof. Dr. Shalihuddin Djalal Tandjung, M.Sc merampungkan S1 Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada pada tahun 1968. Lalu melanjutkan S2 bidang Ekologi, Dept. of Life Science, Indiana State University, Terre Haute, Amerika Serikat pada tahun 1977.

Kemudian jenjang S3-nya adalah di bidang Environmental Science and Pollution Ecology, the Louis Calder Conservation and Ecology Study Center, Dept. of Biology, Fordham University, New York, Amerika Serikat pada tahun 1982.

Salah satu putra Prof Dr Shalihuddin Djalal Tandjung, Agib Tanjung, mengatakan upacara pemakaman almarhum Prof Djalal Tandjung akan dilaksanakan pada Minggu (10/3). Rencananya jenazah akan sampai di rumah duka pada pukul 10.00 WIB.

"Sekitar jam 13.30 WIB diberangkatkan ke Balairung UGM, karena jam 14.00 WIB akan digelar upacara penghormatan terakhir dari UGM. Lalu pemberangkatan jenazah ke makam Keluarga Besar UGM mulai jam 14.30 WIB, " kata dia.