Brilio.net - Gempa 6,9 SR di Sulteng getarannya terasa hingga beberapa wilayah provinsi di sekitarnya. Di antaranya, Gorontalo, Sulut, dan Sulsel.

Di Kota Palu, warga sempat berhamburan ke luar rumah dan gedung karena gempa berkekutan 6,9 SR di Banggai Kepulauan, Sulteng. BMKG menerbitkan peringatan dini tsunami menyusul gempa ini.

Rahmat, salah satu warga Palu mengatakan, gempa terasa sekitar pukul 19.42 WITA. "Tidak besar, tapi sempat goyang-goyang," kata Rahmat dikutip Liputan6.com, Jumat (12/4).

Rahmat berada di lantai 1. Dia dan beberapa warga lainnya berhamburan ke luar menyelamatkan diri dari gempa. Sementara di Luwu, dari video yang beredar terlihat warga setempat berhamburan ke luar karena gempa terasa kencang dan cukup lama.

Beberapa warga telihat panik dan berlarian karena melihat air laut yang mulai surut. Klakson kendaraan bersahutan karena gempat tersebut.

Loading...

Dikutip dari akun @infoBMKG, pusat gempa berada di 87 km baratdaya Banggaikep. Getaran gempa dirasakan di Poso, Buol, Morowali, Banggai dan Palu IV MMI, Kolaka Utara dan Toli-toli III-IV MMI. Getaran juga dirasakan di Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Makassar dan Kep Konawe III MMI, Gorontalo dan Kendari II-III MMI, Manado, Pinrang dan Konawe II MMI.

Gempa dengan magnitudo 6,9 mengguncang wilayah Sulawesi Tengah. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) langsung mengeluarkan peringatan dini terjadinya tsunami.