Brilio.net - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, hingga kini belum ada lembaga yang bisa memastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Selain itu hingga hari ini juga belum ditemukan vaksin untuk virus corona itu. Sehingga, masyarakat pun harus mulai bersiap menghadapi tantangan kehidupan baru atau new normal.

"Sejauh ini belum ada lembaga yang berani mengatakan kapan Covid-19 akan berakhir termasuk juga belum ada kepastian kapan vaksin akan ditemukan. Sehingga sangat mungkin kita akan selamanya hidup dengan Covid," ujar Doni dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, seperti dilansir brilio.net dari Merdeka.com, Senin (18/5).

Doni menuturkan, Gugus Tugas memberikan beberapa masukan terkait strategi menghadapi kondisi new normal, termasuk pengurangan pembatasan sosial. Dia menekankan pentingnya prakondisi melalui survei, kajian, dan riset terkait waktu yang tepat untuk memulai pengurangan pembatasan.

Menurut dia, Jokowi telah meminta agar dilakukan kajian daerah-daerah mana saja yang sudah bisa diterapkan kebijakan pengurangan pembatasan. Hal itu harus dilihat berdasarkan data daerah mana yang angka penyebarannya masih rendah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Tentu adalah daerah-daerah yang memiliki kriteria hijau. Kalau kita lihat dari 34 provinsi di Indonesia, memang tingkat kasusnya masih relatif rendah," ucapnya.

"Tapi namun demikian tetap kajian secara data dan juga riset memiliki peran yang penting. Sehingga nantinya mana daerah yang dibuka mana yang diberikan pengurangan pembatasan tidak keliru," sambung Doni.

(brl/red)