×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Disentil Prabowo, jawaban 5 BUMN ini makjleb

View Image

0

BRILIO » Serius

Disentil Prabowo, jawaban 5 BUMN ini makjleb

Pernyataan Prabowo dianggap terlalu ceroboh dan ngawur.

16 / 01 / 2019 18:40

Brilio.net - Pemilu yang kian dekat membuat kedua calon presiden dan calon wakil presiden beserta tim suksesnya mulai melancarkan strategi politiknya. Seperti misalnya pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Belum lama ini melangsungkan pidato kebangsaan pada Senin (14/1).

Sebelumnya Prabowo juga melakukan temu relawan pada Minggu (13/1) di Roemah Djoeang, Jakarta Selatan. Pada kesempatan itu, Prabowo menyebut banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang di ambang kebangkrutan. Bahkan ia menyebutkan secara spesifik misalnya seperti Garuda Indonesia, PLN dan Pertamina.

"Kita lihat BUMN kebanggaan kita, satu-satu hancur, bangkrut, tanya saja Garuda pilot-pilotnya, tanya Pertamina, PLN, tanya pabrik milik negara, elit itu tak perlu kau kagumi. Aku tahu satu-satu, lagaknya saja itu," ucap Prabowo seperti dikutip brilio.net dari laman liputan6.

Selain itu, pada kesempatan lain Prabowo juga pernah menyebut kalau cadangan stok beras Bulog hanya sampai tiga minggu saja. Pernyataan lainnya juga menyebutkan kalau Prabowo mendapat laporan kalau selang cuci darah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pernah dipakai untuk 40 orang.

Meski demikian, BUMN yang bersangkutan memberikan jawaban atas pernyataan Prabowo tersebut. Pemerintah juga memberikan pernyataan lewat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. Ia menganggap pernyataan Prabowo terlalu ceroboh.

Loading...

Berikut ini jawaban-jawaban BUMN yang disentil Prabowo, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (16/1).

1. Garuda Indonesia

jawaban 5 bumn makjleb © berbagai sumber

foto: merdeka.com

PT Garuda Indonesia Tbk mengklarifikasi bahwa kondisi perusahannya hingga kini cukup baik. Ikhsan Rosan, VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Tbk bahkan menyarankan Prabowo untuk melihat Google. Menteri BUMN Rini Soemarno juga menyebut pengoperasian maskapai Garuda masih berjalan baik. Berbagai perbaikan pun terus dilakukan.

"Mungkin coba di Google bagaimana perkembangan Garuda Indonesia, bagaimana perkembangan BUMN (cukup baik)," ujar Ikhsan saat dihubungi seperti dikutip dari liputan6.

2. PLN

jawaban 5 bumn makjleb © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Beda dengan pernyataan Prabowo, PT PLN mengklaim kalau perusahaannya justru mengalami kenaikan laba. Nilai penjualan tenaga listrik juga mengalami kenaikan 6,93 persen dari sebelumnya Rp 181,8 triliun menjadi Rp 194,4 triliun.

"Kenaikan laba tersebut ditopang oleh kenaikan penjualan dan efisiensi yang dilakukan oleh perusahaan serta adanya kebijakan pemerintah DMO harga batubara," kata Direktur Keuangan PLN Sarwono seperti dikutip dari liputan6.

BACA JUGA: 9 Potret terbaru Ira Koesno, moderator debat capres 2019

3. Pertamina

jawaban 5 bumn makjleb © berbagai sumber

foto: pertamina.com

Tuduhan kebangkrutan kepada Pertamina juga tidak bisa dibenarkan. Sebab saat ini mereka sedang gencar melakukan ekspansi dan ambil alih. Blok Mahakam berhasil direbut dari Prancis dan Jepang. Kebijakan BBM satu harga yang diterapkan ke wilayah tertinggal, terdepan dan terluar juga dinilai cukup berhasil.

"Pada tahun kemarin Pertamina juga meresmikan pengembangan TBBM Maumere sebagai penopang suplai BBM di Indonesia Timur. Proyek ini diikuti dengan 29 proyek lainnya untuk senilai Rp 20 triliun," ujar Media Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita.

4. Bulog

jawaban 5 bumn makjleb © berbagai sumber

foto: bulog.co.id

Dalam kesempatan lain Prabowo menyebutkan kalau cadangan stok beras yang dimiliki Bulog hanya bisa bertahan sampai tiga minggu saja. Namun pernyataan itu tentu saja ditepis oleh Bulog. Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Tri Wahyudi Saleh mengatakan kalau stok beras Bulog saat ini masih cukup hingga lima bulan ke depan.

5. Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

jawaban 5 bumn makjleb © berbagai sumber

foto: rscm.co.id

Selain itu, calon presiden nomor urut 2 juga pernah memberikan pernyataan mengejutkan. Dia mengaku mendapat laporan satu slang alat cuci darah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pernah digunakan untuk 40 orang.

Pernyataan ini kemudian dibantah oleh Direktur Utama RSCM dr Lies Dina Liastuti. Ia menjelaskan kalau RSCM selalu memperhatikan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Termasuk pelayanan hemodialisis atau cuci darah.

"Pelayanan hemodialisis di RSCM menggunakan selang dan dialiser satu kali pakai (single use). Selang hemodialisis digunakan untuk mengalirkan darah dari tubuh pasien ke dialiser dan mengembalikan darah yang sudah didialisis kembali ke tubuh pasien. Selang hemodialisis hanya digunakan untuk satu pasien, demikian juga

dengan di RSCM," ujar Lies melalui keterangan tertulis.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more