Brilio.net - Pemerintah akhirnya resmi meluncurkan kartu Prakerja pada 11 April lalu. Kartu Prakerja ini adalah salah program pemerintah untuk mendukung perkembangan sektor perekonomian. Salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi dampak pandemi corona yang telah melanda Indonesia.

Program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi pencari kerja, pekerja yang dirumahkan, pekerja yang merasa butuh meningkatkan kompetensi, pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan omzet selama Covid-19. Tujuan dari program ini adalah bisa meningkatkan daya saing produktivitas angkatan kerja, mengembangkan kompetensi angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

Pendaftaran kartu Prakerja sudah memasuki gelombang ke-10. Menjadi sesi terakhir di tahun ini, gelombang 10 hanya diikuti oleh 116.261 orang. Sangat berbeda jauh dengan jumlah gelombang sebelumnya yang mencapai 800 ribu orang. Hal itu dikarenakan Prakerja telah memenuhi target sebanyak 5,6 juta orang.

Bagi yang ingin ikut namun gagal atau belum kesampaian, bisa mendaftarkan diri di gelombang berikutnya pada 2021 nanti. Syarat untuk bisa ikut Prakerja meliputi WNI (Warga Negara Indonesia), berusia minimal 18 tahun, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Meskipun namanya 'kartu', namun program ini tidak berbentuk fisik. Kartu Prakerja merupakan sebuah kode unik berjumlah 16 angka.

16 Kode tersebut yang akan dipakai untuk membayar pelatihan. Nantinya kamu bisa memilih pelatihan apa yang diinginkan. Sebelum mengikuti pelatihan Kartu Prakerja di Sisnaker, pastikan dan dan lolos seleksi. Cek hasil lolosnya di website prakerja.go.id dahulu. Jika lolos, kamu akan mendapatkan nomor kartu Prakerja dan saldo untuk membeli pelatihan. Setelah itu baru kamu bisa mengikuti pelatihannya.

Berikut cara mudah mengikuti pelatihan kartu Prakerja di Sisnaker (Sistem Informasi Ketenagakerjaan), seperti dihimpun brilio.net dari laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia pada Kamis (1/10).


foto: Instagram/@prakerja.go.id



1. Jangan lupa pastikan koneksi internet baik dan stabil.

2. Daftarkan diri pada link account.kemnaker.go.id.

3. Lengkapi dan ikuti petunjuk pengisian profil.

4. Lalu login pada kemnaker.

5. Pilih program pelatihan yang terdapat tanda kartu Prakerja.

6. Pilih mitra pelatihan yang sesuai.

7. Klik daftar.

8. Kamu akan secara otomatis mendapatkan kupon atau voucher.

9. Masukkan 16 digit kartu Prakerja yang telah kamu dapatkan.

10. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke handphone.

11. Lalu kamu bisa memulai pelatihan.

12. Tukar kupon sesuai mekanisme dari LPK tempat kamu mendaftar.

13. Kamu akan dinilai oleh LPK dan mendapat sertifikat.

14. Setelah selesai pelatihan, kamu wajib mengisi ulasan dan rating pada portofolio pribadi.

15. Lalu Insentif kamu akan diberikan dengan cara ditransfer ke rekening bank kamu atau e-wallet kamu.

16. Buat yang belum jelas, kamu bisa melihat panduan dari video panduan Prakerja di Sisnaker pada channel YouTube Panduan Layanan Kemnaker.

Loading...
2 dari 3 halaman

 

Waktu pelatihan Prakerja.

foto: Instagram/@prakerja.go.id



Mekanisme terkait dengan jadwal pelatihan diatur oleh masing-masing LPK. Pelatihan ini akan dilakukan secara online, bisa di mana saja termasuk di rumah sekalipun. Bagi yang sudah terdaftar, tidak bisa membatalkan pelatihan, sebab kupon telah terpakai untuk transaksi.

Pelatihan online nantinya akan dijalankan melalui satu manajemen. Bisa diakses peserta secara utuh, bahkan hingga evaluasinya melalui website. Bukan sekadar mengunggah video, blog, atau bermacam-macam aplikasi seperti Zoom, Google Meet, serta lainnya. Dikarenakan adanya pandemi, saat ini belum Kemnaker belum menyediakan pelatihan berbasis offline.

3 dari 3 halaman

Cara memilih jenis pelatihan.

foto: Instagram/@prakerja.go.id



Ada banyak jenis pelatihan yang disediakan oleh Prakerja. Sebelum memilih, kamu harus memperhatikan secara detail dan terperinci. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memilih pelatihan kartu Prakerja.


1. Perhatikan dan bandingkan silabus, harga, konten, durasi, dan persyaratan lain setiap pelatihan.

2. Periksa rating dan ulasan dari peserta lain.

3. Bebas jumlah dan pelatihan apa yang diinginkan dengan saldo Rp 1 juta.

4. Jangan lupa memastikan pelatihan yang dipilih menyediakan sertifikat.

5. Agar tidak bosan dan menyesal, pilih pelatihan sesuai minat.

6. Selesaikan pelatihan hingga evaluasi. Dapatkan sertifikat kelulusannya.

Apabila kelas pelatihan yang ingin kamu ikuti belum buka, program tersebut itu belum mendapatkan persetujuan kode kursus dari Manajemen Pelaksana kartu Prakerja. Mohon tunggu hingga kode kursus keluar, sambil menunggu kamu bisa memilih pelatihan lain yang sesuai.

-

Pihak yang tidak mengikuti program kartu Prakerja.


Penerima kartu Prakerja tidak boleh seorang:
1. Pejabat Negara.
2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
3. Aparatur Sipil Negara.
4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia.
5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
6. Kepala Desa dan perangkat desa.
7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.