Brilio.net - Dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-71, yang jatuh pada 28 September 2016 lalu PT KAI mengenalkan rangkaian terbaru kereta api kelas ekonomi komersial. Pengadaan kereta api jenis ini sebagai upaya untuk menghapuskan kelas bisnis.

Namun, di balik penampilan mentereng kereta api baru buatan PT INKA itu ternyata publik mengeluhkan tempat duduknya. Mereka menilai tata letak kursinya terlalu berdempetan sehingga terasa sempit.

"Kursi kereta ekonomi itu tegak & sempit, pinggang penat duduk terus selama 13-15 jam, utk kesehatan jg krg baik," komentar akun @mennir di Twitter dikutip brilio.net, Kamis (6/10).

kereta api sempit © 2016 brilio.net

foto: Path/nofita kudou

Tata letak kursi kereta api memakai formasi 2-2 itu dinilai penumpang terasa sesak di bagian kakinya. Posisi tempat duduk yang terlalu tegak juga dirasa menjadi masalah dan membuat tidak nyaman.

"Jadi sempit bikin pegel. tapi duduknya jadi 2-2, dulu K3 duduknya 2-3. Tempat duduk tegaknya itu yang gak nahan. Cocoknya buat perjalanan sekitar 3-4 jam aja," tambah akun mahakom4 di Kaskus.

"Pertama kali naek kereta ketasik. God ini lebih sempit drpada metromini," imbuh akun @fauziyati.

kereta api sempit © 2016 brilio.net

foto: Twitter/@thorixadiel.

Kamu yang sering berpergian menggunakan kereta api ekonomi dan suka berselonjor ke kursi penumpang di depanmu harus mengucapkan selamat tinggal dek kayaknya. Duh, kok jadi gini ya?