Brilio.net - Membuat video klip sebagus mungkin adalah impian semua penyanyi. Selain ingin berlomba-lomba menunjukkan keunikan serta kreativitas masing-masing penyanyi, video klip juga menjadi sarana untuk menaikkan popularitas lagunya.

Maka dari itu, tema video klip pun dibuat seunik dan sekreatif mungkin agar menarik para penonton. Namun, sayangnya tak jarang, video klip yang dibuat justru mendapat kritikan dan kecaman karena dinilai memiliki pesan-pesan tertentu yang bertolak belakang dengan budaya masyarakat.

Ingin tahu siapa saja penyanyi yang video klipnya pernah membuat kontroversi? Berikut brilio.net himpun daftarnya dari berbagai sumber, Rabu (5/10):

1. Indonesia Bangkit - Ahmad Dhani

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

Loading...

foto: kapanlagi.com

Tahun 2014 lalu, Ahmad Dhani mengeluarkan sebuah single bertajuk 'Indonesia Bangkit'. Lagu yang kental dengan nuansa politik ini diketahui digunakan sebagai lagu kampanye untuk Prabowo saat maju pilpres. Alih-alih mendapat sambutan, lagu tersebut justru menuai kontroversi, Dhani dituding melakukan pelanggaran hak cipta karena lagu tersebut diadaptasi dari lagu We Will Rock You milik Queen.

Selain itu, video klipnya pun juga menjadi bahan perbincangan karena Dhani mengenakan busana mirip seragam yang dipakai oleh Heinrich Luitpold Himmler. Himmler dikenal sebagai penggagas kamp konsentrasi Nazi, yang bertanggung jawab atas pembunuhan jutaan orang yang dianggap musuh Nazi, terutama etnis Yahudi. Dhani menjadi sorotan karena Nazi selalu diasosiasikan dengan rasisme, pembunuhan massal, dan pelanggaran HAM, yang bertentangan dengan Pancasila dan nilai-nilai yang dianut bangsa Indonesia.

2. Pour It Up - Rihanna

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: lyricstip.com

Oktober tahun 2013 lalu Rihanna mengeluarkan sebuah lagu dengan judul Pour it Up. Tak berselang lama dari kemunculan video klipnya, ia justru menuai kontroversi. Video klip tersebut menuai protes lantaran menampilkan adegan seks dan dandanan vulgar, serta penampilan penari striptis. Meski dikritik, namun Rihanna beserta pihak manajemen tidak mengambil tindakan atas hal tersebut.

3. Famous - Kanye West

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: groovevolt.com

Juni lalu Kanye West lagi-lagi memancing kontroversi. Kali ini lewat video musik single Famous. Dalam video klip tersebut tampak sejumlah pubilk figur berada satu ranjang, dan dalam keadaan telanjang. Dari sederet nama, yang paling mencuri perhatian di antaranya adalah Taylor Swift, Rihanna dan Donald Trump. Famous merupakan single dari album The Life of Pablo.

4. Blurred Lines - Robin Thicke feat. T.I. and Pharrell Williams

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: hypebot.com

Akhir tahun 2013 lalu, lagu Blurred Lines menjadi bahan perbincangan. Pasalnya video klip lagu tersebut disebut-sebut menyiratkan saran untuk pemerkosaan atau persetubuhan seksual. Akibatnya, lagu tersebut dilarang diputar di acara-acara kampus. Selain video klip yang kurang sopan, lirik lagu yang digunakan juga mengarah pada hal-hal yang kontroversi.

5. Hymn For The Weekend - Coldplay

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: travel.india.com

Coldplay yang berkolaborasi dengan Beyonce Knowles pada bulan Februari lalu mengeluarkan video klip lagu Hymn For The Weekend. Namun kemunculan video klip yang pengambilan gambarnya dilakukan di India justru menuai kritik dari kaum Hindu. Mereka menilai jika video klip itu meremehkan agamanya. Menurut mereka seharusnya Coldplay tidak perlu memberikan karikatur atau stereotip Hindu dalam klip tersebut.

6. Hard Out Here - Lily Allen

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: lissimone.com

Setelah vacum selama tiga tahun, pada tanggal 12 November 2013 lalu, Lily Allen muncul kembali dengan lagu berjudul Hard Out Here. Namun selain mendapat sambutan hangat dari penggemar, ia juga menerima kritikan atas video klip lagu tersebut. Beberapa kritikus menyayangkan bahwa ada hal-hal berbau rasis yang terdapat pada video klipnya. Dalam video itu Allen didukung oleh sejumlah penari berkulit hitam dan menggunakan pakaian seksi serta menari dengan menonjolkan keseksian tubuhnya.

7. Jangan Bersedih - Tiffany Kenanga

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Pada Februari lalu, Tiffany Kenanga kembali dengan lagu berjudul Jangan Bersedih. Sayangnya, video klip dari lagu tersebut juga memunculkan kontroversi. Dalam video klip itu menampilkan dua balerina yang meliuk-liukkan tubuhnya dengan mengenakan pakaian hampir setengah telanjang, sangat kontras dengan penampilan Tiffany sebagai hijaber. Banyak yang menyayangkan Tiffany yang berhijab justru tampil bersama model video klip sepasang balerina dengan busana setengah telanjang.

8. Wrecking Ball - Miley Cyrus

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: idolator.com

Miley Cyrus adalah salah satu selebriti yang kerap membuat kontroversi di dalam kariernya. Pada September 2012 lalu, lagi-lagi ia mendapat banyak kritikan. Kali ini sumbernya adalah video klip lagu Wrecking Ball. Dalam video klipnya tersebut Miley dinilai melakukan hal-hal yang kurang pantas. Di video klip tersebut Miley beberapa kali tampil telanjang.

9. Work B**ch - Britney Spears

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: fooyoh.com

Tahun 2013 lalu, Britney Spears kembali memanjakan penggemarnya dengan lagu barunya berjudul Work B**ch. sayangnya ia justru menuai kontroversi dari video klip lagu itu. Para kritikus menilai jika video tersebut menampilkan adegan vulgar dan penyimpangan seksual di dalamnya, serta dianggap menyebarkan sodomasochism di beberapa negara. Pemerintah Inggris bahkan mencekal video klip Work B*tch untuk tayang di televisi. Klip tersebut baru boleh dilihat pada jam 1 malam.

10. Needed Me – Rihanna

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: ovationvibes.com

Setelah berkolaborasi dengan Drake di lagu Work, Rihanna kini kembali rilis video musik terbarunya berjudul Needed Me pada 20 April kemarin. Walaupun telah dilabeli sebagai video NSFW (not safe for work) namun tetap video ini mengundang kontroversi karena menampilkan banyak adegan telanjang dan kekerasan.

11. Side to Side - Ariana Grande feta Nicki Minaj

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: novavideoz.com

Ariana Grande awal September lalu merilis sebuah single bertajuk Side to Side dengan menggaet Nicki Minaj. Sayangnya video klip lagu tersebut menuai kecaman karena dinilai mengekspos lekuk tubuh kedua artis ini serta banyak adegan vulgarnya. Lagu bernuansa reggae dan RnB tersebut memang menceritakan tentang hubungan seksual.

12. Bad - Younglex ft Awkarin

video klip kontroversi © 2016 brilio.net

foto: YouTube.com

Rapper muda Young Lex menggandeng Karin Nowilda atau yang akrab disapa Awkarin dalam merilis video klip 'Bad' pada bulan September lalu. Baru diunggah di YouTube, video klip tersebut langsung menuai kontroversi. Komentar negatif dan dislike membanjiri video klip itu. Kritikus menilai lirik lagunya dianggap tidak mendidik, serta penampilan Awkarin yang mengekspos badannya dinilai tidak sopan.