Brilio.net - Pesawat Lion Air JT 610 putus kontak pada Senin (29/10) pukul 06.33 WIB. Pesawat yang ditumpangi 189 orang tersebut dikanrakan jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Pesawat Lion Air JT 610 memiliki rute penerbangan Jakarat- Pangkal Pinang.

Hingga saat ini Basarnas bersama Kementerian Perhubungan, TNI, Polri & relawan terus melakukan pencarian korban dan badan pesawat. Sudah ada 24 kantong jenazah yang tiba di Rumah Sakit Polri Raden Said Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur. Sementara itu, badan pesawat belum ditemukan.

Upaya pencarian akan kembali dimulai pada Selasa (30/10) pukul 07.00 WIB. Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai hasil pencarian Lion Air JT 610. Namun, sudah mulai beredar keterangan bohong atau hoax mengenai jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Hoax tersebut beredar cepat di media sosial. menanggapi hal ini, Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat untuk tidak percaya pada hoax.

Loading...

Berikut beberapa hoax yang tersebar di media sosial beserta penjelasan dari Sutopo Purwo Nugroho, dilansir brilio.net dari Twitter @Sutopo_PN, Selasa (30/10).

1. Belum ditemukan bangkai pesawat Lion Air JT 610. Foto bangkai pesawat yang terbelah merupakan bangkai pesawat Lion Air JT-904 yang mengalami kecelakan pada 13 April 2013.

2. Foto penumpang di dalam pesawat ini bukanlah penumpang Lion Air JT 610. Foto ini merupakan kondisi penumpang Sriwijaya Air saat terjadi turbulensi.

3. Video ini merupakan kondisi di dalam pesawat Lion Air JT 353 Padang-Jakarta saat terjadi turbulensi. Bukan video di dalam pesawatLion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.